• Home
  • Berita
  • Rusia Ancam Tank Leopard Jerman akan Hancur Seperti PD II

Rusia Ancam Tank Leopard Jerman akan Hancur Seperti PD II

Redaksi
Feb 06, 2023
Rusia Ancam Tank Leopard Jerman akan Hancur Seperti PD II

Bantuan tank tempur Leopard 2 dari Jerman dan M1 Abrams dari Amerika Serikat ke Ukraina, tentu membuat panas Rusia. Beberapa ancaman pun dilayangkan, terbaru bahwa tank Leopard Jerman akan terbakar seperti saat Perang Dunia II.

Kepala Negara Bagian Duma Federasi Rusia, Vyacheslav Vorodin, menyebut tank Leopard 2 akan bernasib sama dengan tank Tiger 80 tahun silam dalam Battle of Stalingrad, salah satu perang paling menentukan di Perang Dunia II antara Jerman melawan Rusia.

"Seperti yang ditunjukkan sejarah, tak semua orang belajar dari kekalahan Nazi Jerman di Stalingrad. (Mantan Kanselir Angela) Merkel menipu komunitas dunia dan rakyatnya, membantu rezim Nazi Kyiv untuk perang," kata Volodin.

"Kanselir Scholz saat ini melangkah lebih jauh, memutuskan untuk mengirim tank Jerman untuk berperang melawan Rusia. Nasib mereka akan sama seperti 80 tahun lalu. Leopard akan dibakar, mengulangi nasib (tank) Tiger yang fasis," tambahnya seperti dikutip detikINET dari Eurasiantimes, Senin (6/2/2023).

Senada dengannya, Menteri Dalam Negeri Rusia Vladimir Kolokoltsev baru-baru ini mengatakan bahwa tank Leopard modern buatan Jerman, bakal dihancurkan memakai cara yang sama seperti yang dialami pendahulunya, Tiger dan Panther, selama Perang Dunia II.

Menilik sejarah, Battle of Stalingrad yang terjadi sekitar 80 tahun silam, mengubah jalannya Perang Dunia II. Pasukan Jerman menyerah melawan pasukan Uni Soviet ketika itu.

Konflik tersebut berlangsung sekitar 6 bulan di tahun 1942 dan 1943, merupakan salah satu pertempuran terbesar dalam sejarah. Akhirnya, Rusia mengalahkan tentara Nazi di Stalingrad, di tengah musim dingin menusuk tulang.

Ada antara satu hingga dua juta kematian pada saat perang sadis itu berakhir di 2 Februari 1943. Menyerahnya Nazi itu dirayakan di Rusia sebagai peristiwa yang menyelamatkan Eropa dari Adolf Hitler.

Stalingrad, berlokasi sekitar 900 kilometer tenggara Moskow, adalah pusat industri Uni Soviet sebelum perang, dengan pabrik-pabrik produsen peralatan militer. Selain itu, Stalingrad berfungsi sebagai titik penyeberangan ke Asia Tengah, Laut Kaspia, dan ladang minyak Kaukasus.

back to top