• Home
  • Berita
  • Rumor iPhone 16 Series Bakal Punya Performa AI Super Kencang

Rumor iPhone 16 Series Bakal Punya Performa AI Super Kencang

Redaksi
Feb 16, 2024
Rumor iPhone 16 Series Bakal Punya Performa AI Super Kencang
Jakarta -

iPhone 16 series sepertinya akan menjadi ponsel AI seperti Samsung Galaxy S24 series. Bahkan rumor terbaru menyebutkan iPhone 16 akan memiliki performa AI super kencang berkat otak yang lebih bertenaga.

Laporan dari Economic Daily News mengklaim prosesor Apple generasi selanjutnya -- chip A18 untuk iPhone dan M4 untuk Mac -- akan memiliki inti komputasi AI yang jumlahnya lebih banyak.

Laporan ini kemungkinan merujuk kepada Neural Engine, prosesor khusus untuk fungsi machine learning dan AI. Apple pertama kali menggunakan Neural Engine di iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X sebagai bagian dari chip A11.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Neural Engine pertama yang digunakan di iPhone memiliki dua inti, dan Apple menambah jumlah intinya menjadi delapan di iPhone XS series dan iPhone 11 series. Sejak iPhone 12 series hingga sekarang Neural Engine menggunakan desain 16 inti.

Walaupun dalam empat generasi jumlah intinya tidak berubah, Apple terus meningkatkan performanya secara signifikan. Apple mengklaim Neural Engine di chip A17 Pro memiliki performa dua kali lebih kencang dari Neural Engine di chip A16, seperti dikutip dari 9to5Mac, Jumat (16/2/2024).

iPhone 16 series diprediksi akan meluncur dengan chip A18 yang saat ini spesifikasinya masih menjadi misteri. Ponsel ini juga akan menjalankan sistem operasi iOS 18 yang kabarnya akan memiliki sederet fitur AI generatif untuk Siri, Shortcuts, Messages, Apple Music, dan lain-lain.

Belum lama ini CEO Apple Tim Cook mengungkap Apple sedang menggarap AI generatif dan akan membagikan lebih banyak detail tahun ini. iOS 18 sendiri akan diumumkan di event tahunan WWDC pada pertengahan tahun ini.

Sedangkan untuk Mac sebagian besar model yang menggunakan chip Apple silikon memiliki Neural Engine 16 inti, kecuali Mac Studio dan Mac Pro yang memiliki 32 inti. Mac pertama dengan chip M4 kemungkinan akan dirilis pada akhir tahun 2024 atau awal 2025.



Simak Video "Sejumlah Peningkatan yang Bakal Dibawa iPhone 16"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/rns)
back to top