• Home
  • Berita
  • Review Xiaomi Redmi Buds 4 Pro, Suara Nendang Fitur Lengkap

Review Xiaomi Redmi Buds 4 Pro, Suara Nendang Fitur Lengkap

Redaksi
May 29, 2023
Review Xiaomi Redmi Buds 4 Pro, Suara Nendang Fitur Lengkap
Jakarta -

Xiaomi belum lama ini meluncurkan earphone TWS, yaitu Redmi Buds 4 Pro. Dengan harga yang lumayan terjangkau, earphone nirkanel ini punya beberapa fitur andalan seperti ANC dan audio Hi Res atau resolusi tinggi. Seperti apa kemampuannnya? Simak dalam review berikut ini.

Desain

Unit yang di-review detikINET adalah Redmi Buds 4 Pro warna Moon White. Membuka boksnya, ada charging case warna putih dan di dalamnya, terdapat unit TWS yang sama warnanya. Charging case ini sepenuhnya terbuat dari plastik glossy. Di bagian bawahnya, terdapat colokan USB serta tombol pairing.

Kemudian di dalam boks, ada kelengkapan standar yaitu kartu garansi dan petunjuk pemakaian, kabel USB Type C serta cadangan eartips karet dalam 3 ukuran. Akan tetapi eartips medium bawaan sudah terasa pas dikenakan.

Xiaomi Redmi Buds 4 Pro Foto: Fyk/detikinet

Ada strip warna perak di sisi luar tangkai TWS Redmi Buds 4 Pro, menambah kesan elegan di desainnya yang bisa dibilang minimalis modern. Bagian ini juga berfungsi sebagai area sensitif sentuhan untuk kontrol. Oh ya, bobotnya masing-masing hanya 5 gram. Ketika dipasang di telinga, TWS ini dapat menempel dengan mantap.

Xiaomi Redmi Buds 4 Pro Foto: Fyk/detikinet
Xiaomi Redmi Buds 4 Pro Foto: Fyk/detikinet

Untuk pemakaian yang cukup lama, Redmi Buds 4 Pro menyajikan kenyamanan yang baik di telinga. Nilai tambah lainnya, TWS ini sudah dilengkapi dengan sertifikasi IP54 sehingga ia tahan debu dan cipratan air.

Fitur

Redmi Bud 4 Pro menghadirkan audio Hi Res dan didukung driver ganda, yaitu driver utama dinamis paduan aluminium 10mm, dipasangkan driver dinamis titanium 6mm yang menangani frekuensi lebih tinggi. Kombinasi itu menurut Xiaomi digabungkan untuk menghadirkan trebel jernih dan bass yang kaya.

Dengan harga tak terlampau mahal, Redmi Buds 4 Pro sudah punya adaptive ANC (Active Noise Cancellation). Fitur ini diklaim Xiaomi dapat mengurangi kebisingan hingga 43dB, memblokir hingga 99,3% kebisingan eksternal dengan memanfaatkan sejumlah mikrofon di tiap earbud.

Ada dukungan aplikasi Xiaomi Earbuds yang bisa diunduh di Play Store, tapi belum ada untuk iOS. Di aplikasinya yang mudah dioperasikan, dapat diatur beberapa hal, dari setting ANC, gesture, transparency, sampai audio effect.

Redmi Buds 4 Pro Foto: Fyk/detikinet

TWS ini juga disertifikasi oleh Hi-Res Audio Wireless dan mendukung codec audio LDAC. Redmi Buds 4 Pro dapat terhubung ke dua perangkat Android, iOS, atau Windows secara bersamaan dengan Bluetooth 5.3.

Xiaomi juga menyebut tiap earbud punya pelindung angin logam bawaan untuk mengurangi kebisingan angin, serta algoritme pengurangan kebisingan angin yang secara otomatis menyala saat angin mencapai kecepatan tertentu sehingga pengguna diklaim dapat menikmati aktivitas di luar ruangan tanpa terganggu

Pengoperasian dan Kualitas Suara

Redmi Buds 4 Pro tergolong cepat dioperasikan, mudah terhubung dengan ponsel atau laptop melalui koneksi bluetooth. Earbuds akan langsung terhubung begitu dipasangkan di telinga dan akan dijeda jika TWS ini dilepaskan. Sambungannya cukup stabil, walau sesekali kadang terputus.

Tiap earbud punya tiga gestur sentuh berbeda, double tap, triple tap, serta sentuh dan tahan, dan dapat dikustomisasi lewat aplikasi Xiaomi Earbuds. Repons bisa dikatakan baik sehingga tak perlu mengulang-ulang untuk memberikan perintah.

Seperti disebutkan, Redmi Buds 4 Pro dilengkapi driver ganda, yaitu driver utama dinamis paduan aluminium 10mm, dipasangkan dengan driver dinamis titanium 6mm yang menangani frekuensi lebih tinggi. Kombinasi itu menghasilkan kualitas suara yang detail dan menyeluruh.

Suara bass terdengar penuh walau tidak bisa dikatakan menggelegar, bahkan saat sudah mengaktifkan fitur enhanced bass melalui aplikasi. Suara bass-nya dalam kategori pas. Sedangkan suara mid dan treble seimbang, tanpa terdengar terlalu cempreng atau nyaring.

Secara keseluruhan, output suara yang dikeluarkan dalam kategori seimbang dan detail, sehingga nyaman dalam pendengaran. Suara vokal dan instrumen musik mampu diterjemahkan dengan baik.

Melalui aplikasi, tingkatan ANC bisa diatur dari light, balanced, deep dan adaptive yang bisa otomatis mengatur sendiri. Kebisingan luar ruangan misalnya suara kereta api atau kendaraan dan orang lewat, kadang masih masuk di telinga, terutama di tempat-tempat sepi. Tapi mengingat harganya, ANC Redmi Buds 4 Pro berfungsi lumayan baik untuk membantu meredam suara dan menikmati audio.

Xiaomi menjanjikan pemutaran hingga 9 jam dengan sekali pengisian daya, tapi perlu dicatat bahwa ANC dinonaktifkan. Dengan menyalakannya, ketahanannya sekitar empat setengah jam, sehingga cukup awet.

Casing-nya sendiri dapat memberikan sekitar tiga kali pengisian baterai penuh sebelum perlu dicolok. Fitur menairk lain adalah pengisian cepat. Pengisian daya Redmi Buds 4 Pro hanya perlu waktu 5 menit untuk memutar lagu selama 2 jam.

Xiaomi Redmi Buds 4 Pro Foto: Fyk/detikinet


Kesimpulan

Xiaomi Redmi Buds 4 Pro mempunyai desain yang elegan dan nyaman digunakan di telinga bahkan dalam waktu yang lama. TWS ini juga menyemburkan suara yang solid dan detail. Adapun fitur ANC adalah hal menarik di harganya dan walaupun bukan yang terbagus di pasar, ANC di Redmi Buds 4 Pro masih dapat membuat lingkungan bising menjadi lebih lembut di pendengaran.

Tentu ada kekurangannya, misalnya aplikasinya hanya mendukung Android sehingga pengguna iPhone hanya bisa pasrah dengan pengaturan standar. Suara bass juga masih dapat dimaksimalkan lagi. Akan tetapi dengan harga cukup murah, TWS ini menawarkan fitur lengkap dan kualitas audio yang mumpuni. Xiaomi Redmi 4 Buds Pro bisa didapatkan di harga sekitar Rp 1 juta.



Simak Video "Xiaomi 13 Lite Rilis Global dengan Upgrade Chipset dan Baterai"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/rns)
back to top