• Home
  • Berita
  • Review Redmi 14C: Smartphone Sejutaan dengan Fitur

Review Redmi 14C: Smartphone Sejutaan dengan Fitur

Redaksi
Oct 13, 2024
Review Redmi 14C: Smartphone Sejutaan dengan Fitur

arenagadget.id – Xiaomi Indonesia baru saja meluncurkan Redmi 14C, smartphone penerus Redmi 13C yang kini membawa banyak upgrade dari pendahulunya. Tidak tanggung-tanggung, Xiaomi membenamkan beberapa fitur yang biasanya hanya dapat kita temui pada smartphone dengan harga lebih mahal.

Layar menjadi salah satu fitur unggulannya, bersama dengan kamera yang telah ditingkatkan untuk menghasilkan foto lebih baik. Bukan cuma itu, Redmi 14C juga tampil dengan desain yang fresh dan cukup berbeda dari generasi sebelumnya.

Dalam artikel review ini, kami akan mengulas berbagai aspek dari Redmi 14C mulai dari desain, performa, kamera, hingga daya tahan baterainya, sehingga Anda bisa menentukan apakah layak menjadi pilihan utama di penghujung tahun 2024.

Penasaran? Langsung saja simak review Redmi 14C berikut ini!

Desain dan Layar

Dari segi desain, Redmi 14C tampil dengan pendekatan yang berbeda dari seri sebelumnya. Rombakannya bisa dibilang lumayan signifikan, terutama pada susunan kamera belakang yang seolah mencerminkan kualitas kameranya.

Untuk pertama kalinya Redmi C Series terlihat lebih premium. Terbukti dari material yang digunakan pada bagian back cover, yang kini memakai lapisan kaca. Biasanya, Xiaomi hanya mengandalkan material polikarbonat saja.

Keberadaan lapisan kaca pada bodi belakang Redmi 14C membuat smartphone ini terasa lebih elegan dan solid. Bahkan di antara ponsel entry-level harga sejutaan yang ada di pasaran Indonesia sekarang, cukup jarang yang menggunakan material kaca di bodi belakang.

Varian warna yang mampir ke redaksi Review1st adalah Starry Blue. Terdapat gradasi warna di bagian belakang antara sisi atas kamera dengan bawahnya. Selain itu ada juga siluet yang menggambarkan pergerakan bintang di langit, sehingga menambah estetika.

Kembali membahas susunan kamera belakang, Redmi 14C menyajikan desain yang lebih kekinian berkat posisinya yang berada di tengah. Namun harus digarisbawahi, meski terlihat seperti memiliki 4 lensa, nyatanya hanya dua kamera yang tersedia sementara dua lainnya untuk menampung lampu flash dan logo 50 MP.

Bagian frame-nya dibuat lebih datar alias kotak. Cukup enak digenggam dan dioperasikan, karena dari segi ketebalan (8,22 mm) dan bobot memang terasa pas. Layarnya lebih besar, 6,88 inci, namun tidak mengurangi kenyamanan penggunaan khususnya bagi kami yang lebih suka memakai satu tangan.

Tombol power dan volume terletak di sisi kanan yang cukup mudah dijangkau tanpa harus mengubah posisi genggaman tangan. Pada sisi bawah terdapat port USB-C bersama dengan lubang speaker dan SIM-Tray. Di atas, Anda akan menemukan port audio jack 3.5mm untuk memasang headset kabel.

Beralih ke pembahasan layar, dengan ukuran 6,88 inci, resolusi HD+, dan tingkat kecerahan 600 nits, layar Redmi 14C sudah tergolong memadai untuk penggunaan sehari-hari. Ketajaman dan kualitas warnanya khas ponsel entry-level, namun kecerahan layarnya mampu menampilkan konten dengan cukup baik di bawah sinar matahari.

Yang menjadi nilai plus adalah refresh rate 120Hz. Bukan cuma mampu memberikan pergerakan gambar yang lebih smooth saat scrolling, refresh rate ini juga bersifat adaptif dan bisa berganti dari 60Hz, 90Hz, atau 120Hz sesuai kebutuhan. Lagi-lagi fitur yang agak jarang ditemukan di kelas harganya.

Performa dan Baterai

Redmi 14C dipersenjatai chipset MediaTek Helio G81-Ultra dengan CPU octa-core yang terdiri dari Cortex-A75 dan Cortex-A55, serta GPU Mali-G52 MC2. Kalau Anda masih ingat, Redmi 13C memakai chipset Helio G85.

Untungnya dari segi performa tidak ada penurunan yang berarti. Helio G81-Ultra cukup mampu memfasilitasi semua kebutuhan standar seperti chatting, media sosial, menonton YouTube, hingga bermain game ringan.

Kami mencoba memainkan Mobile Legends menggunakan Redmi 14C, dengan setting grafis High. Hasilnya, game dapat berjalan cukup stabil di kisaran 50-60 FPS. Selama permainan pun terasa responsif. Tidak ada kenaikan suhu signifikan yang berpotensi mengganggu performa gaming-nya.

Redmi 14C dengan chipset Helio G81-Ultra merupakan pilihan yang solid untuk pengguna yang mencari smartphone terjangkau dengan performa cukup untuk bermain Mobile Legends dan game ringan lainnya.

Soal memori, Redmi 14C tersedia dalam dua varian, yaitu 6+128 GB dan 8+256 GB. Teknologi RAM yang digunakan adalah LPDDR4X, sementara storage-nya masih eMMC 5.1. Dari segi kapasitas sudah ideal untuk multitasking, walaupun akan lebih menarik jika storage ponsel ini memakai teknologi UFS yang lebih kencang.

Sedikit mengulas baterai, Redmi 14C menawarkan 5.160 mAh yang meskipun sekilas terlihat lebih besar dari kompetitor kebanyakan, nyatanya untuk urusan ketahanan tidak jauh berbeda. Singkatnya, baterai ini mampu menemani aktivitas kami seharian penuh dengan daya pemakaian normal.

Redmi 14C didukung fast charging 18W dengan kepala charger yang sudah termasuk dalam kemasan (tidak perlu beli terpisah). Asyiknya lagi, charger yang diberikan mendukung 33W, jadi bisa Anda pakai juga untuk perangkat lainnya yang kompatibel dengan teknologi charging lebih cepat.

Kamera

Dengan desain yang seolah mengindikasikan kualitas kamera mumpuni, wajar jika kami memiliki ekspektasi lebih pada Redmi 14C. Sensor utamanya adalah 50 MP dengan aperture f/1.8, dan ditemani depth sensor 2 MP f/2.4. Sementara di depan, terdapat kamera selfie 13 MP f/2.0.

Bagaimana kualitas jepretannya? Pada kondisi cahaya yang ideal, kamera utama Redmi 14C dapat menghasilkan foto yang cukup tajam dan detail. Warna yang dihasilkan cukup akurat dan natural, meskipun kadang saturasi warna sedikit lebih rendah.

Namun secara umum, warna-warna seperti hijau dari dedaunan atau biru dari langit terlihat hidup dan tidak pucat. Dynamic range-nya masih khas ponsel sejutaan, tapi buat kami tidak ada masalah.

Pada kondisi malam, detail yang tertangkap oleh kamera cenderung berkurang. Hal ini disebabkan oleh rendahnya kemampuan sensor untuk menangkap cahaya, yang mengakibatkan gambar terlihat lebih noise atau grainy. Untuk kondisi malam, penggunaan flash bisa membantu, namun hal ini juga bisa mengurangi naturalitas foto.

Singkatnya, Redmi 14C mampu memberikan hasil foto yang cukup baik untuk kebutuhan harian. Untuk pengguna media sosial, hasil fotonya akan terlihat semakin bagus setelah sedikit penyesuaian filter atau edit ringan.

Kelebihan dan Kekurangan Redmi 14C

Redmi 14C hadir sebagai penerus yang menawarkan peningkatan yang menarik dibandingkan pendahulunya, terutama pada desain dan layar. Desainnya yang lebih premium dengan bodi belakang berlapis kaca dan tampilan fresh memberikan kesan yang lebih mewah untuk sebuah ponsel entry-level.

Sedikit catatan kami adalah ketiadaan speaker stereo dan masih menggunakan teknologi eMMC 5.1 pada storage. Tentunya bakal lebih menarik jika storage-nya sudah pakai teknologi UFS yang lebih cepat.

Bagi yang berminat, Redmi 14C dijual dengan harga mulai dari Rp1.499.000.

back to top