• Home
  • Berita
  • Putaran Black Hole Vs Kecepatan Cahaya, Lebih Kencang Mana?

Putaran Black Hole Vs Kecepatan Cahaya, Lebih Kencang Mana?

Redaksi
May 28, 2024
Putaran Black Hole Vs Kecepatan Cahaya, Lebih Kencang Mana?
Jakarta -

Sekarang kecepatan putaran black hole supermasif bisa dihitung. Para astronom punya cara baru untuk mengukurnya.

Ketika mereka mencoba menggali informasi terkait objek misterius ini lebih dalam, akhirnya mendapatkan fakta bahwa lubang hitam tersebut berputar cukup cepat pada porosnya. Menurut sebuah tim yang dipimpin oleh ahli Astrofisika Dheeraj Pasham dari Massachusetts Institute of Technology (MIT), putaran di porosnya tercipta dari piringan material bintang yang berputar dan bergoyang.

Dilansir detikINET dari Sciencealert, Senin (27/5/2024), ini adalah pertama kalinya para ilmuwan mampu menghitung kecepatan putaran black hole. Dengan melacak bagaimana goyangan piringan berubah, mereka dapat mengetahui seberapa besar pengaruh putaran black hole terhadap piringan tersebut. Dengan begitu data terkait kecepatan putaran black hole pun bisa terungkap.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Lantas seberapa cepat putarannya? Analisa mereka menunjukkan kalau kalau kecepatannya kurang dari 24% kecepatan cahaya. Diketahui bahwa lajunya cukup lambat bagi objek luar angkasa nan misterius sekelas black hole.

"Dengan mempelajari beberapa sistem di tahun-tahun mendatang menggunakan metode ini, para astronom dapat memperkirakan distribusi keseluruhan putaran lubang hitam dan memahami pertanyaan lama tentang bagaimana mereka berevolusi dari waktu ke waktu," kata Pasham.

ADVERTISEMENT

Black hole supermasif adalah objek luar angkasa berukuran raksasa yang mengintai jantung galaksi. Bermassa jutaan hingga miliaran kali lipat dari massa Matahari, keberadaannya menjadi pusat gravitasi yang mengikat dan menyatukan galaksi-galaksi.

Mereka juga punya andil besar dalam evolusi yang terjadi di alam semesta. Namun memang perilakunya tidak bisa ditebak, kadang diam saja, tapi satu momen sangat aktif.

Black hole punya pancaran cahaya paling terang di luar angkasa. Kepadatan di dalamnya sangat tinggi, sehingga apabila ingin melepaskan diri dari cengkraman gravitasinya harus punya kecepatan melebihi kecepatan cahaya.



Simak Video "NASA Bikin Simulasi Tersedot Masuk ke Dalam Black Hole"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/asj)
back to top