• Home
  • Berita
  • Proyek Robot Mirip Manusia Buatan Elon Musk Molor Lagi

Proyek Robot Mirip Manusia Buatan Elon Musk Molor Lagi

Redaksi
Jul 23, 2024
Proyek Robot Mirip Manusia Buatan Elon Musk Molor Lagi
Jakarta -

Elon Musk kembali memberikan update untuk proyek robot humanoid buatan Tesla. Sepertinya peluncuran proyek ambisius ini akan kembali molor.

Dalam postingannya di X, Muske mengatakan Tesla akan memproduksi dan menggunakan robot mirip manusia itu secara internal pada tahun 2025. Robot itu baru akan dijual secara luas pada tahun 2026.

"Tesla akan memiliki robot humanoid yang benar-benar berguna dengan produksi rendah untuk penggunaan internal Tesla tahun depan, dan, semoga produksi yang lebih tinggi untuk perusahaan lain pada tahun 2026," kata Musk, seperti dikutip dari BBC, Selasa (23/7/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Update jadwal terbaru ini sedikit molor dari pengumuman Musk sebelumnya. Pada bulan April lalu, Musk mengatakan robot bernama Optimus ini akan beroperasi di pabrik Tesla mulai akhir tahun ini dan dijual untuk umum pada akhir tahun 2025.

Musk memang pernah beberapa kali mengumbar janji yang terlalu ambisius tentang jadwal ketersediaan produknya tapi kemudian tidak dipenuhi. Kasus yang paling terkenal tentu saja janji soal 'robotaxi' atau taksi otonom buatan Tesla.

ADVERTISEMENT

Pada tahun 2019, pemilik X ini mengatakan robotaxi akan mulai beroperasi di jalanan pada akhir tahun 2020. Namun sampai sekarang belum terwujud.

Pada awal tahun ini, Musk mengatakan robotaxi akan dipamerkan pada 8 Agustus. Hanya beberapa minggu yang lalu, Musk mengatakan event ini akan ditunda untuk mengakomodasi perubahan desain kendaraan tersebut.

"Waktu tambahan ini memungkinkan kita untuk memamerkan hal-hal lainnya," kata Musk.

Robot Optimus generasi pertama sendiri pertama kali dipamerkan ke publik pada September 2022. Belum lama ini, Tesla memamerkan robot Optimus generasi kedua lewat sebuah video yang menunjukkan robot itu sedang melipat pakaian.

Sejak beberapa bulan terakhir, Musk dan Tesla lebih fokus menggarap kecerdasan buatan (AI), software menyetir otonom, robotaxi, dan robot Optimus. Bisnis mobil listrik yang menjadi sumber pendapatan utama Tesla sedang tertatih-tatih karena permintaan yang menurun.



Elon Musk Sindir CEO Boeing soal Keselamatan Pesawat

Elon Musk Sindir CEO Boeing soal Keselamatan Pesawat


(vmp/vmp)
back to top