• Home
  • Berita
  • Perbandingan Oppo Find N3 Flip dan Samsung Galaxy Z Flip 5

Perbandingan Oppo Find N3 Flip dan Samsung Galaxy Z Flip 5

Redaksi
Feb 08, 2024
Perbandingan Oppo Find N3 Flip dan Samsung Galaxy Z Flip 5
Daftar Isi
  • Desain
  • Engsel
  • Layar
  • System on a chip dan baterai
  • Kamera
  • Kesimpulan
Jakarta -

Meski sudah ada sejak lama, belum banyak pabrikan ponsel yang menggarap ponsel layar lipat. Misalnya di ponsel layar lipat dengan model clamshell saat ini, hanya ada dua nama besar yang bermain, yaitu Oppo dan Samsung.

Dari Oppo, varian terbarunya adalah Find N3 Flip sementara dari Samsung yang terbaru adalah Galaxy Z Flip 5. Seperti apa perbandingan kedua ponsel layar lipat ini? Yuk simak ulasan berikut ini.

Desain

Secara dimensi, kedua ponsel ini sekilas terlihat mirip. Namun jika dilihat lebih detail, Z Flip 5 memang lebih mungil dan ringan ketimbang N3 Flip, tak banyak memang selisihnya. Ketebalan Z Flip 5 saat tertutup adalah 15,1mm dan 6,9 mm saat terbuka.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sementara N3 Flip tebalnya 7,8 mm saat dibuka dan 16,5 mm saat ditutup. Bobotnya terpaut 9 gram, yaitu Z Flip 5 lebih ringan dengan bobot 187 gram.

Lalu layar bagian luar. Oppo dan Samsung mengusung gaya yang berbeda di bagian ini. Oppo menggunakan layar dengan bentuk yang konvensional, dengan panel AMOLED sebesar 3,26 inch. Sementara Samsung "menghabiskan" bagian luarnya dengan layar sebesar 3,4 inch, kecuali bidang untuk modul kamera.

Layar N3 Flip yang lebih kecil ini membuatnya lebih nyaman dioperasikan dengan satu tangan. Lalu tampilan antarmukanya pun terasa lebih interaktif dan mendukung lebih banyak aplikasi yang bisa dioperasikan langsung dari luar, meski Samsung memang menyediakan aplikasi Good Lock untuk membawa lebih banyak aplikasi ke layar luar, namun proses pengaturannya cukup rumit.

Engsel

Nah, engsel atau hinge ini bisa dibilang adalah salah satu komponen paling penting pada ponsel lipat. Dan, Oppo mengklaim Flexion Hinge di N3 Flip ini terbuat dari material stainless steel, dan dijanjikan kuat dibuka tutup hingga satu juta kali. Sementara Samsung hanya menjanjikan engsel Z Flip 5 bertahan sebanyak 200 ribu kali buka tutup.

Flexion Hinge N3 Flip juga membuat bekas lipatan layar (crease) yang lebih tak terlihat dibanding di Z Flip 5. Bekas lipatannya tentu masih terlihat, namun jelas lebih minim. Oh ya, baik layar N3 Flip maupun Z Flip 5 juga sama-sama bisa tertutup rapat tanpa ada celah.

Layar

N3 Flip menggunakan panel LTPO AMOLED sebesar 6,8 inch, sedikit lebih besar dibanding Z Flip 5 yang menggunakan Dynamic AMOLED 2X yang besarnya 6,7 inch. Keduanya sama-sama punya resolusi FHD+, 120Hz, dan HDR10+. Namun di atas kertas, layar Samsung ini punya tingkat kecerahan lebih tinggi, yaitu 1.750 nits berbanding 1.600 nits di Oppo.

System on a chip dan baterai

System on a chip (SoC), atau lazim disebut sebagai prosesor, yang dipakai kedua ponsel ini berasal dari pabrikan berbeda. Samsung memilih Snapdragon 8 Gen 2 dari Qualcomm, sementara Oppo memilih Dimensity 9200 dari MediaTek.

Keduanya sama-sama menggunakan arsitektur 4nm, RAM LPDDR5X, dan storage UFS 4.0. RAM N3 Flip berkapasitas 12GB, sementara Z Flip 5 hanya 8GB. Performanya bagaimana? Dari pengujian detikINET, skor AnTuTu Find N3 Flip menembus satu juta. Jadi, sekalipun berbentuk ponsel layar lipat, performanya tetap kencang dan bahkan bisa memainkan game berat seperti Genshin Impact dengan lancar. Dan tentunya, penggunaan sehari-hari bisa dilibas tanpa ada lemot, dengan daya tahan baterai yang memuaskan.

Di sektor baterai, N3 Flip unggul cukup jauh karena punya baterai yang kapasitasnya lebih besar serta dukungan pengisian daya yang lebih besar. Yaitu 3.700 mAh berbanding 4.300 mAh, dan pengisi daya 25W berbanding 44W. Namun, Z Flip 5 mendukung wireless charging hingga 15W dan reverse wireless charging 4,5W. Keunggulan lain Oppo menyertakan adapter pengisian daya yang jauh lebih besar daripada daya yang diterima perangkat sebesar 65Watt.

Kamera

Di bagian ini harus diakui Oppo punya keunggulan yang cukup jauh. Tiga kamera yang ada di N3 Flip diracik oleh Hasselblad, dan terdiri dari kamera utama dengan sensor Sony IMX890 50MP dengan OIS, kamera ultrawide 48MP dengan field of view 114 derajat, dan kamera portrait 32MP dengan zoom optik 2x. Lalu kamera selfienya 32MP.

Sementara Z Flip 5 masih mengusung sistem kamera serupa dengan Z Flip seri sebelumnya. Yaitu sepasang kamera 12MP di belakang untuk kamera utama (dengan OIS) dan ultrawide, serta kamera selfie 10MP.

Kesimpulan

Dengan harga yang relatif sama, yaitu Rp 15.999.000 (varian 12GB/256 di Find N3 Flip dan 8GB/256GB di Galaxy Z Flip 5), kedua ponsel ini punya keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Hanya saja, menurut kami Find N3 Flip memberikan pengalaman pengguna yang lebih menyenangkan.

Ya, dari segi SoC yang dipakai, hasil benchmark Z Flip 5 memang sedikit lebih unggul, namun itu bukan berarti Find N3 Flip adalah ponsel yang lebih lemot. Pasalnya, dalam pengujian yang kami lakukan, Genshin Impact dengan pengaturan tinggi dan frame rate 60 pun bisa dilibas dengan lancar oleh Find N3 Flip. Oh ya, baterainya pun lebih besar dan pengisian dayanya juga lebih cepat.



Simak Video "Cek Spesifikasi, Harga dan Fitur Baru Samsung Galaxy Z Flip 5"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)
back to top