• Home
  • Berita
  • Pakar Prediksi Malaysia Airlines MH370 Segera Ditemukan

Pakar Prediksi Malaysia Airlines MH370 Segera Ditemukan

Redaksi
Mar 13, 2024
Pakar Prediksi Malaysia Airlines MH370 Segera Ditemukan
Jakarta -

Pesawat Malaysia Airlines MH370 lenyap 10 tahun silam di 2014 dan sampai kini belum diketahui di mana rimbanya. Akan tetapi diyakini, pesawat itu akan bisa ditemukan dengan perkembangan teknologi yang ada sekarang.

Richard Godfrey, pakar penerbangan yang pernah bekerja untuk NASA dan Boeing, meyakini tahu di mana lokasi persis pesawat itu. Jika benar Pemerintah Malaysia kembali menggelar pencarian, pesawat itu mungkin akan ditemukan jelang akhir tahun ini.

"Saya pikir (bisa ditemukan) mungkin menuju akhir tahun ini. Cuaca di Samudera Hindia tidak pernah ramah, namun lebih baik pada musim panas di belahan Bumi selatan dan ketika angin agak tenang, itulah saat yang cukup aman untuk mengerahkan kapal," katanya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Godfrey mempelajari WSPR dari radio amatir pada malam hilangnya pesawat. Radio amatir terus mengirim sinyal uji dan merekam datanya. Ketika pesawat melalui sinyal radio, sinyal tersebut akan terganggu. Dari gangguan tersebut dapat dilacak keberadaan sebuah pesawat.

Ia menyimpulkan MH370 berada 1.500 kilometer sebelah barat Perth, Australia. "Lokasi jatuhnya MH370, yang ditentukan oleh teknologi WSPR, berada dalam lingkaran dengan radius 30 kilometer dan berpusat di 29.128°LS 99.934°BT. Area ini terletak 1.560 kilometer sebelah barat Perth. Hanya perlu sekali pencarian lagi di area ini dan kita akan menemukan MH370," ungkapnya sebelumnya.

Saat ini menurut Godfrey, ada beberapa perusahaan yang sebenarnya masih aktif mencari tahu di mana MH370. Mereka adalah Ocean Infinity, Deep Sea Vision dan sebuah perusahaan anonim yang dijalankan mantan eksekutif Goodle.

"Saya pikir, peluang bagi kita menemukan MH370 adalah sangat baik karena teknologi telah berkembang. Jika kita mempersempit lokasinya, maka peluang kita akan menjadi lebih baik lagi," katanya, dikutip detikINET dari GB News, Rabu (13/3/2024).

Sebelumnya, Ocean Infinity mengumumkan proposal untuk pencarian baru di selatan Samudera Hindia, tempat pesawat tersebut diyakini jatuh satu dekade lalu. Pihaknya sudah mengajukan proposal tersebut ke pemerintah Malaysia.

Ocean Infinity mengusulkan pencarian dengan sistem tak perlu bayar jika tidak ditemukan. "Kami sekarang merasa berada dalam posisi untuk dapat kembali menggelar pencarian MH370 dan telah mengajukan proposal ke pemerintah Malaysia," kata CEO perusahaan tersebut Oliver Plunkett.



Simak Video "10 Tahun Insiden MH370, keluarga Korban Desak Pencarian Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)
back to top