• Home
  • Berita
  • Orang Indonesia Makin Doyan Beli HP Mahal

Orang Indonesia Makin Doyan Beli HP Mahal

Redaksi
Feb 28, 2023
Orang Indonesia Makin Doyan Beli HP Mahal

Lembaga riset Counterpoint kembali merilis laporan terkait pasar handphone di Tanah Air sepanjang 2022. Terungkap kalau orang Indonesia makin doyan beli HP mahal.

Pengiriman HP di Indonesia mengalami penurunan 12,2% dibanding 2021. Hal ini dipengaruhi merosotnya segmen entry level (harga di bawah Rp 3 juta).

Sementara itu, HP kelas menengah hingga premium mengalami peningkatan. Bahkan lonjakan tertinggi terjadi pada HP segmen di atas Rp 9 juta, meningkat 21,2% dari tahun lalu.

Counterpoint mengungkap 54,5% pengiriman HP premium bersumber daro model yang baru diluncurkan. Ini tumbuh 45,8% dari tahun sebelumnya.

Untuk peningkatan kelas menengah (Rp 3-6 juta) mencapai 18,8% dari 2021. Sementara kelas flagship (Rp 6-9 juta) mencapai 18,2% dari tahun sebelumnya. Peningkatan ini turut didorong oleh tumbuhnya game mobile sehingga pengguna mencari HP yang bisa diandalkan untuk gaming.

Segmen entry level mengalami penurunan hingga minus 23,8%. Faktor penyebabnya, menurut Counterpoint, lantaran permintaan konsumen yang lebih rendah dengan latar belakang hambatan ekonomi makro.

Pada saat yang sama, kebutuhan konsumen untuk meningkatkan ke kategori yang lebih tinggi juga dapat berkontribusi pada penurunan segmen entry-level. Permintaan untuk peningkatan ke smartphone yang lebih tinggi melonjak selama pembatasan COVID-19 ketika kantor dan sekolah digelar secara daring.

Hal tersebut menyebabkan peningkatan pengapalan HP kelas menengah ke atas di Indonesia. Meski pandemi hampir berakhir, trennya tetap ada.

"Segmen harga di atas Rp 6 juta diperkirakan akan terus tumbuh mengingat tren teknologi yang lebih baru dan kebutuhan konsumen untuk memiliki perangkat yang lebih andal dengan antarmuka yang ramah penggunaan untuk melakukan aktivitas digital, seperti transaksi terkait keuangan," kata Febriman Abdillah, Analis Senior Counterpoint.

Kendati saat ini masih berfokus pada sektor industri, konsumen juga melihat 5G sebagai tren teknologi yang cepat atau lambat akan menjangkau mereka. Dorongan dari peritel dan OEM smartphone juga membantu membentuk persepsi konsumen tentang kebutuhan 5G di masa depan.

Oleh karena itu, HP 5G diharapkan tumbuh lebih cepat setelah infrastruktur yang diperlukan tersedia. Pada tahun 2022, pengiriman smartphone 5G Indonesia tumbuh 62,2% dari 2021. HP 5G dalam rentang harga Rp 3-6 juta tumbuh lebih tinggi daripada rentang harga lainnya sebesar 76,3%.

back to top