• Home
  • Berita
  • Netizen Teriak Google Docs Tak Bisa Dibuka, Ini Kata Kominfo

Netizen Teriak Google Docs Tak Bisa Dibuka, Ini Kata Kominfo

Redaksi
Sep 22, 2023
Netizen Teriak Google Docs Tak Bisa Dibuka, Ini Kata Kominfo
Jakarta -

Media sosial X (sebelumnya Twitter) sejak Kamis, (21/9/2023) malam diramaikan oleh keluhan netizen karena tak bisa membuka Google Docs, sebuah layanan dokumen berbasis online yang menjadi bagian dari Google Drive.

Banyak netizen yang membagikan tangkapan layar baik dari ponsel ataupun desktop yang menunjukkan tulisan laman situs 'Your connection is not private'.

Diduga, masalah tersebut terjadi karena Google Docs sempat diblokir oleh pemerintah sehingga banyak pengguna tidak bisa mengaksesnya. Itu karena berdasarkan catatan dari situs Downdetector, sebenarnya tidak ada masalah akses (down) di Google Docs.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Akan tetapi berangsur-angsur layanan sudah mulai pulih. Saat dicoba detikINET Jumat siang, (22/9/2023). layanan Google Docs sudah bisa diakses dengan lancar tanpa ada tulisan pemblokiran.

Melansir dari CNN, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengungkapkan layanan dokumen berbasis online, Google Docs, sudah dipulihkan dan sudah bisa diakses.

"Sudah dipulihkan, itu karena soal teknis saja, sudah dipulihkan, sudah diberesin," kata Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo Usman Kansong kepada CNNIndonesia.com lewat sambungan telepon, Jumat (22/9).

Meski demikian, Usman tak merinci lebih jauh soal penyebab sempat terblokirnya layanan milik raksasa teknologi Google tersebut.

Hingga siang ini, Google Docs masih terpantau berada di deretan atas treding topic di Twitter Indonesia dengan lebih dari 290 ribu cuitan. Banyak netizen menduga-duga negatif atas langkah pemerintah yang sempat memblokir Google Docs.

[Gambas:Twitter]



[Gambas:Twitter]




[Gambas:Twitter]




[Gambas:Twitter]




[Gambas:Twitter]






Simak Video "Diduga Diblokir, 'Google Docs' Trending di Twitter/X"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fyk)
back to top