• Home
  • Berita
  • Microsoft Umumkan Surface Pro 9 dan Surface Laptop 5, Spek Lebih Ngebut

Microsoft Umumkan Surface Pro 9 dan Surface Laptop 5, Spek Lebih Ngebut

Redaksi
Oct 13, 2022
Microsoft Umumkan Surface Pro 9 dan Surface Laptop 5, Spek Lebih Ngebut

Microsoft resmi mengumumkan kehadiran Surface Pro 9 dan Surface Laptop 5. Keduanya membawa peningkatan pada spesifikasi yang menjanjikan performa lebih ngebut dari pendahulunya.

Surface Pro 9 membawa PixelSense Flow 13 inch dengan aspek rasio 3:2 dan refresh rate 120Hz. Di bagian atas layar terdapat kamera HD, speaker Omnisonic dan mikrofon terarah.

Microsoft turut menyematkan chip G6 khusus untuk memberikan umpan balik taktil saat menulis di layar. Disertakan fitur Ink Focus di Microsoft OneNote dan aplikasi GoodNotes yang menjanjikan pengalaman menulis yang lebih realistis.

Surface Pro 9 memiliki dua pilihan prosesor: prosesor Intel Core generasi ke-12 yang dibangun di atas platform Intel EVO dengan Thunderbolt 4 dan Microsoft SQ3 yang ditenagai oleh Qualcomm Snapdragon dengan konektivitas 5G. Dengan prosesor Intel Core generasi ke-2, laptop ini dikatakan menawarkan kinerja 50% lebih banyak daripada Surface Pro 8.

Sementara Surface Pro 9 yang didukung SQ3 Microsoft diklaim memiliki daya tahan baterai yang sangat lama hingga 19 jam. Selain itu, prosesor juga akan menyertakan Neural Processing Unit (NPU) baru yang mampu melakukan lebih dari 15 triliun kalkulasi per detik.

Surface Pro 9 menampilkan casing aluminium berkualitas tinggi yang dibalut dengan opsi warna baru, yakni Graphite, Platinum, Saphire dan Forest. Untuk memperingati 10 tahun Surface, Microsoft telah berkolaborasi dengan rumah desain global "Liberty" yang berbasis di London untuk menghadirkan keyboard Surface Pro edisi terbatas.

Harga Surface Pro 9 sebagai berikut:

Microsoft meluncurkan Surface Laptop 5 lebih tipis dan ringan dari sebelumnya. Laptop ini diklaim 50% lebih bertenaga dari pendahulunya.

Hal tersebut berkat prosesor Intel Core Generasi ke-12 yang baru, Thunderbolt 4, dan co-engineering dan verifikasi sebagai perangkat Intel Evo. Tidak ada opsi AMD kali ini.

Surface Laptop 5 hadir dalam dua ukuran layar (13,5 inci atau 15 inci) dengan rasio aspek 3:2, teknologi PixelSense dan mendukung layar sentuh. Layar menampilkan Dolby Vision IQ, yang memberikan warna cerah dan kontras tajam di semua kondisi pencahayaan. Pemrosesan spasial 3D Dolby Atmos juga hadir untuk memberikan output audio berkualitas tinggi.

Surface Laptop 5 mendukung hingga 16 GB RAM dan 512 GB SSD. Microsoft menjanjikan daya tahan baterai hingga 18 jam untuk varian layar 13,5 inci dan 17 jam untuk varian 15 inci. Selain itu, pembeli dapat memilih antara keyboard dengan sentuhan akhir Alcantara yang canggih atau keyboard dengan lapisan logam.

Microsoft Surface Laptop 5 tersedia dalam warna platinum dengan lapisan Alcantara, serta varian lapisan logam dalam warna platinum, sage, hitam, dan sandstone. Adapun harga laptop tersebut adalah sebagai berikut:

back to top