• Home
  • Berita
  • Menkominfo Kaji Potensi Ancaman Starlink Pada Kedaulatan RI

Menkominfo Kaji Potensi Ancaman Starlink Pada Kedaulatan RI

Redaksi
Sep 22, 2023
Menkominfo Kaji Potensi Ancaman Starlink Pada Kedaulatan RI
Jakarta -

Starlink, satelit internet milik Elon Musk yang dikabarkan akan memasuki pasar ritel Indonesia terus menyeruak ke permukaan. Seiring dengan hal tersebut, persoalan kedaulatan negara pun menjadi pembahasan.

Sebagai informasi, Starlink yang dioperasikan oleh SpaceX ini merupakan perusahaan asing. Meski mampu menyediakan akses internet ke wilayah pelosok yang tidak dijangkau infrastruktur telekomunikasi di daratan, aspek keamanan nasional perlu jadi perhatian.

Terkait hal tersebut, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi akan mengkaji potensi ancaman Starlink terkait kedaulatan Indonesia.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Nah, kita masih mengkaji kemungkinan (ancaman Starlink terhadap keamanan nasional), yang pasti kita terbuka kepada siapapun yang ingin melaksanakan bisnis di Indonesia terutama dalam bentuk pelayanan-pelayanan," ujar Budi ditemui detikINET dalam acara penghargaan detikcom Awards 2023 di Jakarta, Kamis malam (21/9/2023).

Lebih lanjut, kata Budi, Pemerintah Indonesia akan memperhatikan peraturan yang berlaku terhadap perusahaan asing yang akan berbisnis di Indonesia, seperti Starlink.

"Tapi kita harus melihat bentuk regulasi yang ada. Supaya kekhawatiran-kekhawatiran mengenai kedaulatan data dan sebagainya itu bisa kita antisipasi," ungkap Budi.

Sebelumnya, Menkominfo Budi menegaskan Pemerintah Indonesia juga tidak akan memberikan keistimewaan kepada Starlink dan mengedepankan kesetaraan di industri telekomunikasi.

Sebagai informasi, Starlink saat ini menyediakan layanan internet di Indonesia masih dalam bentuk 'perantara' melalui kerjasama business to business (B2B) yang dilakukan dengan anak usaha Telkom, Telkomsat.

Belakangan Starlink diketahui ingin menyasar langsung pasar ritel di Indonesia. Bahkan, penyedia layanan internet berbasis satelit milik Elon Musk itu sudah mendirikan nama perusahaan PT Starlink Services Indonesia. Perwakilan Starlink pun sudah menemui Kominfo untuk mengetahui syarat dan prosedur perusahaan asing berbisnis di Indonesia.



Simak Video "Menkominfo Siapkan Jurus Berantas Judi Online yang Bandel"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)
back to top