• Home
  • Berita
  • Menkominfo Budi Sidak Data Center Temporer PDNS 2, Ini Hasilnya

Menkominfo Budi Sidak Data Center Temporer PDNS 2, Ini Hasilnya

Redaksi
Jul 18, 2024
Menkominfo Budi Sidak Data Center Temporer PDNS 2, Ini Hasilnya
Jakarta -

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi memastikan percepatan penanganan serangan ransomware terhadap Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 berlangsung optimal.

Kepastian itu diungkapkan Budi usai melakukan sidak ke data center temporer PDSN 2 di Tangerang Selatan, Banten, Rabu (17/7/2024). Sebagai informasi, PDNS 2 yang terkena ransomware sejak 20 Juni itu lokasinya di Surabaya, Jawa Timur.

"Hari ini saya melakukan inspeksi mendadak ke salah satu infrastruktur PDNS di luar Surabaya, untuk memastikan penguatan keamanan siber dilakukan dengan optimal," ujar Budi dalam siaran persnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dalam sidak tersebut, Budi melihat langsung Cyber Security Center, Working Space, dan ⁠Infrastruktur Penyimpanan Data Center Temporer.

Disampaikannya bahwa inspeksi mendadak tersebut merupakan bagian dari serangkaian upaya pengawasan terhadap pemulihan infrastruktur penyediaan layanan digital nasional. Skema pemulihan migrasi data dilakukan pemerintah untuk mengatasi serangan siber ransomware pada Pusat Data Nasional Sementara atau PDNS 2 di Surabaya.

ADVERTISEMENT

"Saya pastikan setiap langkah-langkah pemulihan dilakukan dengan teliti. Ini penting untuk memastikan migrasi dan back up data dilakukan dengan penuh kehati-hatian," kata Budi.

Upaya pemilihan layanan PDNS 2 dilakukan oleh tim Kementerian Kominfo, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Telkom, serta seluruh kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah yang merupakan tenant dari PDNS 2.

"Inspeksi dan evaluasi akan terus saya lakukan di beberapa titik infrastruktur data nasional yang lain dalam beberapa hari ke depan," janji Budi.

Adapun, sidak data center Tangerang Selatan ini merupakan kelanjutan kunjungan Menkominfo Budi Arie Setiadi ke PDNS 2 Surabaya kemarin, Selasa, (16/07/2024).

Diberitakan sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Hadi Tjahjanto mengungkapkan perkembangan pasca lebih dari tiga minggu PDNS 2 tumbang

Jumlah layanan publik yang telah dinyatakan pulih semakin bertambah menjadi 86 layanan yang berasal dari 16 tenant PDNS 2 Surabaya.

"Per 12 Juli, pukul 17.30 WIB, tercatat 86 layanan dari 16 kementerian, lembaga dan pemerintah daerah telah go live," ujar Hadi dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (13/7/2024).



Komisi I Heran Budi Arie Ucap Alhamdulillah di Kasus PDN: Harusnya Innalillahi

Komisi I Heran Budi Arie Ucap Alhamdulillah di Kasus PDN: Harusnya Innalillahi


(agt/afr)
back to top