• Home
  • Berita
  • Mengenang Tragisnya Kisah Paus Meledak

Mengenang Tragisnya Kisah Paus Meledak

Redaksi
May 12, 2024
Mengenang Tragisnya Kisah Paus Meledak
Jakarta -

Sudah 54 tahun berlalu sejak insiden Paus Meledak di Oregon, Amerika Serikat pada tahun 1970. Kisah ini sangat terkenal bahkan dikenang hingga sekarang.

Pada tahun 2020, Oregon Historical Society merilis rekaman peristiwa tersebut. Video ini kemudian direstorasi dalam kualitas 4K oleh AV Geeks di Raleigh, North Carolina, atas nama Oregon Historical Society.

Seperti dikutip dari Washington Post, rekaman tersebut menceritakan pada November 1970, seekor paus sperma dengan bobot 8 ton terdampar tak jauh dari pantai Oregon dan membusuk.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pihak berwenang setempat memutuskan untuk menyalakan 20 kotak dinamit untuk meledakkan bangkai paus tersebut. Sayangnya, ledakan tersebut tidak berjalan sesuai rencana.

Para insinyur bermaksud agar bangkai hewan raksasa itu dibuang ke laut dalam wujud potongan-potongan. Namun yang terjadi kemudian, ledakan tersebut melemparkan serpihan daging paus hingga mencapai ratusan meter jauhnya.

ADVERTISEMENT

Untungnya tidak ada yang melaporkan adanya cedera akibat ledakan. Namun ada satu mobil yang atapnya hancur akibat bongkahan paus yang jatuh dari langit. Bagian terburuknya, menurut warga setempat, adalah baunya yang bertahan selama berhari-hari.

Kegagalan spektakuler tersebut diabadikan dalam sejarah Oregon. Mengambil pelajaran dari peristiwa ini, para pejabat negara mengambil kebijakan untuk mengubur, bukan meledakkan, bangkai paus yang terdampar di pantai.

Warga setempat menamai taman tepi laut tempat paus itu diledakkan sesuai dengan kejadian tersebut, 'Exploding Whale Memorial Park'. Taman ini terbuka untuk umum dan masyarakat dapat menikmati piknik sambil menelusuri sejarah ledakan paus di sana, lebih dari 50 tahun.

[Gambas:Youtube]





Simak Video "Potret Ratusan Paus Terdampar di Pantai Barat Australia"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/agt)
back to top