• Home
  • Berita
  • Bobobox Gaet Waste4Change Atasi Sampah Plastik Domestik

Bobobox Gaet Waste4Change Atasi Sampah Plastik Domestik

Redaksi
May 11, 2024
Bobobox Gaet Waste4Change Atasi Sampah Plastik Domestik
Jakarta -

Dalam mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan, Bobobox berkomitmen akan meminimalisir penggunaan jumlah plastik domestik yang dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Bobobox pun menjalin kemitraan strategis dengan Waste4Change, perusahaan pengelolaan sampah berkelanjutan di Indonesia. Kolaborasi ini memungkinkan ekosistem pengelolaan sampah yang semakin komperhensif dan memberikan dampak signifikan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Satria Gundara selaku ESG Program Manager Bobobox, mengatakan ini menjadi tahapan progresif perusahaan dalam meningkatkan efektivitas proses manajemen sampah.

ADVERTISEMENT

"Langkah ini menjadi penting dalam perjalanan Bobobox menuju Zero Waste to Landfill. Tidak hanya itu, kerja sama ini juga memungkinkan kami memberikan manfaat kepada masyarakat melalui prinsip ekonomi sirkular," ujar Satria dalam keterangan tertulisnya.

Capaian pemanfaatan kembali sampah yang telah dilakukan oleh Bobobox bersama Waste4Change di Bobopod Pancoran, seperti 95,80 kg sampah organik diproses menjadi kompos menggunakan metode Open Windrow dan dijadikan pakan ternak melalui budidaya BSF (Black Soldier Fly) yang kaya akan protein.

Kemudian, 286 kg dari sampah anorganik didistribusikan kembali untuk didaur ulang, dan 367,80 kg sampah residu diubah menjadi energi alternatif menggunakan teknologi RDF, yang tidak hanya membantu mengurangi emisi gas rumah kaca tetapi juga mampu menjaga kelestarian alam.

Dengan mengalokasikan kembali 100% sampah yang masuk, perusahaan sukses mencapai Zero Waste to Landfill, di mana tidak ada satupun sampah yang berakhir di TPA. Hal tersebut menjadikan Bobopod Pancoran sebagai portofolio akomodasi pertama Bobobox yang mencapai status Net Zero Waste Hotel.

Sebagai informasi, dengan tercapainya pengelolaan 7,5 kuintal sampah tersebut, Bobobox telah mengurangi emisi gas rumah kaca sebesar 334,5 ton CO₂. Progres ini merupakan pencapaian yang signifikan dalam memerangi pemanasan global.

"Kami berharap praktik baik keberlanjutan dari aspek manajemen sampah, dapat menginspirasi para pelaku jasa perhotelan secara lebih masif untuk wajah Indonesia yang ramah lingkungan," kata Corporate Strategic Waste4Change, Hana Nur Auliana.



Simak Video "Aksi Peragaan Busana dari Sampah Plastik di Seoul untuk Hari Bumi"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/agt)
back to top