• Home
  • Berita
  • Leica Phone 2 Pakai Sensor 1 Inch, Harganya Berapa?

Leica Phone 2 Pakai Sensor 1 Inch, Harganya Berapa?

Redaksi
Nov 11, 2022
Leica Phone 2 Pakai Sensor 1 Inch, Harganya Berapa?

Leica merilis ponsel baru sebagai penerus Phone 1 dan diberi nama... Phone 2. Apa yang baru dan berapa harganya?

Sama seperti Phone 1, Phone 2 juga dibuat oleh Sharp dan bahkan ada versi murahnya yang tak punya logo titik merah khas Leica. Namanya Sharp Aquos R7, yang spesifikasinya sama persis dan harganya USD 1.388, lebih murah USD 200 dari Phone 2 yang harganya USD 1.588.

Phone 2 menggunakan layar OLED 6,6 inch, baterai 5.000 mAh, dan punya sebuah kamera belakang berukuran ekstra besar. Kamera ini menggunakan sensor 1 inch dan punya resolusi 47 MP.

Sensor ini diklaim bisa mengumpulkan cahaya 1,8 kali lebih banyak dari sensor generasi sebelumnya. Lensa yang dipakai bertipe Summicron dan punya tujuh elemen, aperture F/1.9, dan focal length 19mm. Menemani kamera utama diberikan sensor portrait 1.9MP.

Panelnya sendiri menggunakan IGZO OLED 240Hz dan tingkat kecerahan maksimal 2000 nits, 10 bit, dan mendukung Dolby Vision. Ada punch hole di bagian atas yang menjadi rumah bagi kamera selfie berukuran 12,6 MP, sementara di bagian bawah terdapat pemindai sidik jari dalam layar.

Leica mengklaim ini sebagai sensor terbesar yang pernah dipakai di smartphone, dan sensor ini punya sedikit perbedaan dengan Xiaomi 12S Ultra (juga digarap bersama Leica), serta tentunya Phone 1.

Jadi, dengan harga USD 200 lebih mahal, apa bedanya Aquos R7 dan Phone 2 selain logo titik merah khas Leica?

Secara fisik, Phone 2 dilengkapi tutup lensa magnetik yang tak ada di Aquos R7, juga ada beberapa tambahan secara software. Seperti widget untuk memantau golden hour (sinar matahari terbaik) berbasis lokasi, dan galeri foto khusus berisi hasil jepretan fotografer Leica.

Melakukan rebranding dari produk lain ini bukan pertama kalinya dilakukan oleh Leica. Mereka sudah sering melakukan hal tersebut, tak cuma di ponsel namun juga di kamera compact bersama Panasonic.

Leica Phone 2 mulai dijual di Jepang lewat SoftBank mulai 18 November mendatang, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Jumat (11/11/2022).

back to top