Konten Agama Banyak Dicari Netizen Indonesia, Ini Alasannya
Aplikasi video pendek seperti SnackVideo dan Tiktok tidak hanya diisi konten hiburan. Platform seperti ini juga menjadi tempat belajar bagi banyak orang, termasuk yang mencari konten agama.
Executive Director Ipsos Joseph Kristofel mengatakan konten agama dan motivasi termasuk jenis konten teratas yang banyak dicari pengguna SnackVideo. Kategori lainnya antara lain drama bernaskah, komedi, serta makanan dan resep.
Joseph mengatakan ini merupakan bukti bahwa konten video di sudah sangat localized mengikuti kebiasaan menonton masyarakat Indonesia. Saat ini SnackVideo memiliki 43 juta pengguna aktif bulanan dengan 1,5 juta postingan yang diunggah setiap harinya.
"Di Indonesia kita tahu bahwa kita adalah negara yang religius, masyarakatnya juga religius," kata Joseph dalam konferensi pers SnackVideo di Jakarta, Selasa (7/3/2023).
"Makanya mereka tertarik konten-konten yang berbau agama, berbau religi ini menarik, diakses sama 60% pengguna SnackVideo," imbuhnya.
Joseph menambahkan konten agama dan motivasi jadi semakin populer karena pandemi COVID-19. Ia mencontohkan pengguna yang mengalami kesulitan selama pandemi mencari inspirasi dan motivasi lewat aplikasi video pendek.
Begitu juga dengan banyak pengguna yang mungkin kesulitan mendatangi rumah ibadah karena pembatasan sosial seperti PPKM, sehingga beralih ke platform online untuk belajar agama.
"Akhirnya dengan konten-konten di media seperti short video ini membantu mereka juga untuk bisa dapat inspirasi, pendidikan agama, dan seterusnya," kata Joseph.
"Akhirnya jadi terbiasa ketika sudah boleh agak sedikit bebas, mereka sudah terbiasa untuk dapat inspirasi-inspirasi atau pendidikan religi tadi atau motivasi lewat platform short video dalam hal ini misalnya SnackVideo," pungkasnya.
Simak Video "Ukraina Boikot Game Atomic Heart"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)