Kiat Sukses Jualan Online Agar Banyak Orderan dan Makin Cuan
Perkembangan teknologi memberikan berbagai kemudahan kepada masyarakat untuk transaksi daring, salah satunya dengan berbelanja online. Berdasarkan data We Are Social Januari 2022 dalam Digital 2022 Global Overview Report, Indonesia menjadi salah satu negara yang warganya sering belanja online.
Indonesia memiliki angka sering belanja online 60,6% melalui data yang diambil dari pengguna internet dengan jangkauan usia 16-64 tahun. Tak heran jika menjadi penjual atau seller di platform jual beli online merupakan profesi yang kerap diminati.
Terlebih sudah banyak e-commerce di tanah air yang menyediakan 'lapak' online, salah satunya adalah Lazada yang hingga kini masih eksis namanya dan menjadi pilihan dengan kemudahan aksesnya melalui website dan juga aplikasi.
Meski banyak pesaingnya, mengingat suatu barang bisa dijual oleh banyak penjual, ada beberapa tips yang bisa diikuti jika ingin mencoba peruntungan bisnis online.
Belum lama ini, beberapa seller atau penjual di Lazada memberikan saran atau masukan untuk orang-orang yang baru ingin terjun ke dunia jual beli online. Misalnya terkait bagaimana cara meningkatkan penjualan hingga mempertahankan performa toko agar tetap baik di mata pelanggan.
Penjual Lazada. Foto: Rizqy Nur Amalia |
Menurut salah satu seller hijab di Lazada yaitu Andri Rismana (24), hal terpenting yang harus diingat oleh penjual baru adalah modal. "Penjual harus mau modal ya di awal, karena dengan modal kita bisa memberikan barang dengan kualitas yang baik," katanya
"Selain itu setelahnya harus ada konsistensi dari penjual untuk tetap menyediakan barang-barang berkualitas agar ada comeback buyer atau pembeli yang beli kembali," ujar Andri saat ditemui detikINET dalam Jalan Bareng bersama Lazada di Bandung, Kamis (09/03)
Penjual dengan modal awal sekitar Rp 10 juta ini pun juga mengatakan bahwa fitur-fitur di Lazada bisa membantu penjualan. Maka saat penjualan tengah turun, seller pun bisa memanfaatkan fitur iklan agar produknya bisa dikenali oleh banyak orang.
Tips berikutnya datang dari Antoni Auguswanto, selaku pemilik dari Femonritch yang menyediakan berbagai model pakaian wanita, hingga kebutuhan bayi. Ia mengatakan cara terbaik untuk bisa bertahan di dunia jual beli online adalah dengan memberikan kualitas barang bagus.
Penjual Lazada Foto: Rizqy Nur Amalia |
"Standard ya, kita harus mempertahankan kualitas produk dan pelayanan dalam berjualan, utamanya itu," ujar Antoni. Selain itu, ada juga kedisiplinan dalam bekerja, seperti rutin melihat pesanan,follow up ke pihak logistik terkait pesanan pembeli, sehingga barang yang dipesan pembeli pun bisa cepat sampai," imbuhnya.
Bahkan Antoni pun sebagai seller kerap melakukan bonding atau pendekatan tertentu dengan loyal customer ataupun re-seller yang membantu memasarkan barangnya.
Rupanya sudah dua kali ia membuat event atau acara untuk menjalin hubungan dengan customer, seperti salah satunya adalah kampanye self love, lalu acara yang kedua terkait Hari Perempuan Internasional mengingat beliau adalah penjual pakaian wanita.
Semua acara itu dibuat untuk bisa menjalin relasi yang baik dengan pelanggan agar tetap mau membeli produk kepadanya. Terakhir, Antoni juga menyarankan untuk berkolaborasi dengan brand lain yang berhubungan. Sebab kolaborasi bisa membantu merek dagang kita lebih dikenal lagi oleh orang dan berpotensi meningkatkan penjualan.
Simak Video "Festival Musik hingga Talk Show Inspiratif untuk Dukung Perempuan"
[Gambas:Video 20detik]
(rnu/fyk)