• Home
  • Berita
  • Kesaksian Orang yang Ngaku Lihat Legenda Ular 15 Meter di Kongo

Kesaksian Orang yang Ngaku Lihat Legenda Ular 15 Meter di Kongo

Redaksi
Mar 22, 2024
Kesaksian Orang yang Ngaku Lihat Legenda Ular 15 Meter di Kongo
Jakarta -

Ada cerita yang berkeliaran di forum internet dan podcast mengenai legenda ular sepanjang 15 meter di Kongo. Ular raksasa itu dipercaya bersembunyi di suatu lembah di Afrika, siap menerkam helikopter yang melintas di atasnya jika mereka merasa terganggu.

Remy Van Lierde, seorang Kolonel Angkatan Udara Belgia yang bertugas di Perang Dunia II, membuat klaim tersebut pada tahun 1980 saat wawancara dengan acara TV Inggris Mysterious World. Van Lierde mengklaim bahwa pada tahun 1959 ia bertemu dengan seekor ular raksasa berwarna coklat kehijauan saat terbang di atas Katanga, Kongo, yang diduduki Belgia (sekarang Republik Demokratik Kongo) dengan helikopter.

Melansir IFL Science, sebagai seorang pilot berpengalaman, Van Lierde berpendapat bahwa dia sangat ahli dalam mengira-ngira ukuran benda di tanah dari langit.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Menurut saya ular yang saya lihat di sana tingginya hampir 15 meter," katanya kepada program tersebut.

Dia mengatakan saat itu helikopter berada 9 meter dari ular di bawahnya. Ular itu pun 'mengangkat' lehernya sekitar 3 meter dan melihat ke atas, seakan siap untuk menggigitnya. Menurut Van Lierde, ular itu tampak seperti kuda yang sangat besar dengan rahang yang besar.

ADVERTISEMENT

"Saya merasa, dan saya yakin, jika saya berada dalam jangkauannya, ia akan menyerang saya. Ia bisa dengan mudah memakan manusia," ujar Van Lierde.

Van Lierde juga berhasil mengambil foto pemandangan tersebut. Namun, gambarnya diambil dalam warna hitam putih dan memiliki distorsi.

Sebagai seorang veteran angkatan udara yang dihormati, Van Lierde sering dianggap sebagai sumber terpercaya yang tidak memiliki motif jelas untuk membuat klaim tersebut. Kendati demikian, sangat diragukan bahwa ular mitologi ini diam-diam hidup di Lembah Kongo.

Spesies ular terbesar yang diketahui hidup di kawasan tersebut adalah Python sebae. Mereka biasanya tumbuh hingga lebih dari 3 meter, meski ada laporan juga ular itu bisa hidup sepanjang 6 meter.



Simak Video "7 Balita Tewas Terbakar di Pengungsian Korban Banjir Kongo"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)
back to top