• Home
  • Berita
  • Kereta Cepat India Pernah Tabrak Sapi, Mental dan Timpa Orang

Kereta Cepat India Pernah Tabrak Sapi, Mental dan Timpa Orang

Redaksi
Oct 08, 2023
Kereta Cepat India Pernah Tabrak Sapi, Mental dan Timpa Orang
Jakarta -

Kereta cepat India, Vande Bharat Express pernah mengalami insiden. Vande Bharat Express menabrak seekor sapi yang menyebabkan tewasnya satu orang.

Seperti dilansir detikINET dari Zee News India, peristiwa ini terjadi di jalur kereta Delhi-Jaipur-Ajmer pada April 2023. Detailnya, Vande Bharat Express melaju kencang dan menabrak seekor sapi yang berada di jalur kereta.

Di dekat sapi tersebut, ada seorang pria yang akhirnya tewas akibat tertimpa sapi yang tertabrak Vande Bharat Express. Kejadian ini terjadi sekitar pukul 08.30 waktu setempat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Korban, Shivdayal Sharma adalah seorang pria pensiunan petugas listrik yang sebelumnya bekerja untuk perusahaan kereta India, Indian Railways.

Akibat insiden tersebut, sapi yang ditabrak Vande Bharat Express terlempar sekitar 30 meter ke atas sebelum akhirnya menimpa Shivdayal. Hal inilah yang menyebabkan Shivdayal tewas akibat tertimpa sapi yang memiliki bobot berat.

Dalam upaya menghindari kejadian serupa, perusahaan kereta yang mengelola Vande Bharat Express, Western Railway akan memasang pagar sepanjang jalur kereta di rute Delhi-Jaipur-Ajmer. Upaya ini ditujukan agar tidak ada hewan ternak yang berada di lintasan kereta.

Sebelumnya, Vande Bharat Express juga pernah menabrak ternak yang menyebabkan tewasnya ternak dan rusaknya kereta. Kecelakaan terparah yang pernah dialami Vande Bharat Express juga pernah terjadi di jalur kereta Mumbai-Gandhinagar.

Vande Bharat Express

Kereta cepat asal India ini merupakan layanan kereta dari Indian Railways yang sudah beroperasi sejak 2019. Vande Bharat Express memiliki kecepatan maksimal 160 km/jam.

Vande Bharat Express menggunakan rangkaian yang diproduksi langsung oleh perusahaan dalam negeri India, Integral Coach Factory (ICF). Kereta cepat ini terdiri atas 16 gerbong dalam setiap rangkaian yang mampu mengangkut lebih dari 800 penumpang.

Hingga kini, Vande Bharat Express sudah memiliki 9 rute yang menghubungkan kota-kota besar di India.

*Artikel ini ditulis oleh Argya D. Maheswara, peserta Program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di detikcom.



Simak Video "Tiket Gratis Kereta Cepat JKT-BDG Dibuka Lagi!"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)
back to top