Kenapa di Depok Sering Ada Petir?

Redaksi
Feb 14, 2024
Kenapa di Depok Sering Ada Petir?
Jakarta -

Depok, Jawa Barat, dijuluki sebagai Kota Petir. Sebenarnya, apa yang membuat di Depok sering ada petir? Hal ini terjawab nih, detikers, dalam acara 'Eureka!: Waspada Cuaca Ekstrem', Senin (12/2/2024) malam.

Dijelaskan oleh Dr Erma Yulihastin Pakar Klimatologi Pusat Riset Iklim dan Atmosfer BRIN, Depok memiliki suatu hal menarik dari topografi dan letak geografisnya. Depok ada di pertengahan antara Bogor dan Jakarta, serta dekat dengan gunung, karena itu wilayahnya menjadi daerah transisi.

"Pembentukan awan-awan yang mulanya muncul dari gunung, kita sebutnya adalah orografis, peran dari gunung-gunung yang membuat awan itu terbentuk ini, itu kan larinya ke mana? Ke dataran yang lebih rendah," ujar Dr Erma.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sebelum ke Jakarta, awan-awan beriringan menuju Depok terlebih dahulu. Karena itu, Depok menjadi area transit dan pertemuan awan. Siklusnya seperti itu dan hampir terjadi setiap hari.

Petir merupakan proses dari pelepasan listrik yang tidak hanya terjadi dari awan ke Bumi, tapi juga bisa terjadi dari awan ke awan. Sehingga, pertemuan awan juga bisa menghasilkan petir.

"Karena ketemu nih, meeting point-nya di Depok, makanya petirnya ada di situ. Karena pertemuan awan-awan, sebenarnya petir tuh," katanya.

Sama halnya mengapa Bogor menjadi Kota Hujan. Itu dikarenakan Bogor berada di gunung sehingga hujan bisa sering tercurah di sana.

Jadi, itulah mengapa sering ada petir di Depok. Semua dikarenakan Depok menjadi tempat pertemuan awan-awan yang terbentuk di sekitarnya.



Simak Video "Waspada Cuaca Ekstrem"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)
back to top