• Home
  • Berita
  • Jangan Salah! Ini Cara Pasang Set Top Box agar Bisa Nonton TV Digital

Jangan Salah! Ini Cara Pasang Set Top Box agar Bisa Nonton TV Digital

Redaksi
Feb 13, 2023
Jangan Salah! Ini Cara Pasang Set Top Box agar Bisa Nonton TV Digital

Untuk menangkap sinyal TV digital sangatlah mudah. Apabila tepat dilakukan, maka pesawat TV analog kalian bisa ditonton untuk menikmati siaran digital.

Maka dari itu, masyarakat mesti dengan cermat cara pasang set top box (STB). Mengingat alat tersebut sangat berguna ketika pemerintah yang dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menerapkanan analog switch off (ASO).

Sejauh ini, memang pelaksanaan penghentian siaran analog itu belum merata, sebab baru dilakukan di 265 kabupaten/kota dari 514 kabupaten/kota. Kendati begitu, ada tiga wilayah siaran yang mencakup 18 kabupaten/kota akan disuntik mati siaran TV analognya oleh Kominfo mulai 20 Maret 2023.

Hal pertama yang perlu disiapkan masyarakat untuk menonton siaran TV digital, yaitu televisi, antena, dan perangkat STB. Sebelum itu, cek terlebih dahulu ketersediaan sinyal TV digital di daerah kalian dengan menggunakan aplikasi Sinyal TV Digital.

Siaran TV digital menawarkan kualitas gambar bersih, suara jernih, hingga teknologi canggih, salah satunya tersedia sistem peringatan dini atau Early Warning System (EWS) yang bisa menjadi peringatan bagi masyarakat akan bencana alam yang terjadi sekitarnya.

Bagi yang masih memiliki TV analog atau TV tabung, jangan khawatir karena masih bisa menangkap sinyal siaran TV digital dengan bantuan alat STB yang harganya sekitar Rp 150 ribu sampai Rp 300 ribuan.

Sedangkan, kelompok rumah tangga miskin ekstrem akan mendapatkan bantuan set top box TV digital gratis yang bersumber dari penyelenggara multipleksing dibantu Kominfo.

back to top