• Home
  • Berita
  • Intip Apa yang Hidup di Layar HP Lewat Mikroskop, Geli!

Intip Apa yang Hidup di Layar HP Lewat Mikroskop, Geli!

Redaksi
May 04, 2024
Intip Apa yang Hidup di Layar HP Lewat Mikroskop, Geli!
Jakarta -

Kamu mungkin sudah tahu bahwa layar smartphone menjadi sarang banyak makhluk kecil alias mikroba. Tapi, pernahkah kamu melihat penampakannya di bawah lensa mikroskop?

Alex Dainis seorang PhD genetika menjawab rasa penasaran orang-orang dengan melakukan percobaan sendiri. Dia menggunakan HP miliknya sendiri yang kemudian layarnya diusap.

"Maksudku, kamu membawanya ke mana saja. Ke mobil. taman, subway, ke kamar mandi. Ponsel kamu bisa membawa berbagai jenis mikroba di tempat-tempat itu dan kemudian menyebarkannya," katanya, sebagaimana dilansir Museum of Science.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Jika dilihat secara kasat mata, layar HP milik Dainis nampak bersih-bersih saja. Tapi, siapa sangka, ketika hasil usapannya diusap lagi ke wadah, tumbuh beberapa makhluk dalam beberapa hari. Berbeda dengan wadah yang merupakan hasil usapan dari layar HP yang sudah disanitasi, tidak terdapat makhluk yang hidup di sana.

"Sekarang, ingat, tidak semua bakteri itu buruk. Ada banyak bakteri simbiotik yang di kulit dan usus kita yang membantu kita tetap sehat," ujar Dainis.

ADVERTISEMENT

Kebanyak bakteri ini tergolong aman, dan mirip dengan apa yang ada di tangan kita. Meski begitu, tetap menarik melihat berbagai makhluk kecil itu di bawah lensa mikroskop.

Begini hasilnya:

@museumofscience Do you know what lives on your phone? @alexdainis takes a peek under a microscope to reveal the microbes that hitch a ride on your screen throughout the day ???????????? #everydayawesome #science #sciencefacts #microbiology #biology #sciencetok #tiktoktaughtme ♬ original sound - Museum of Science

Unggahan di TikTok ini kemudian memancing komentar dari netizen. Seperti berikut ini.

"Aku tidak akan mau menjatuhkan ponselku ke wajahku lagi," ujar Jay sembari membubuhkan emoji menangis.

"Nggak bakal pegang HP aku lagi," tutur Zylo.

"Maukah kamu melihat apa yang ada di gagang pintu toilet umum?" saran ScienceyTron untuk konten selanjutnya.

Wah, wah, konten ini benar-benar menggambarkan bagaimana pentingnya menjaga kebersihan layar HP. Jangan jorok-jorok ya, detikers.



Simak Video "Ahli Sebut Lonjakan Infeksi Bakteri Strep A di Jepang Tak Akan Picu Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)
back to top