• Home
  • Berita
  • Internet IKN Jelang Upacara HUT RI, Wamenkominfo Pastikan Nggak Akan Lemot

Internet IKN Jelang Upacara HUT RI, Wamenkominfo Pastikan Nggak Akan Lemot

Redaksi
Aug 12, 2024
Internet IKN Jelang Upacara HUT RI, Wamenkominfo Pastikan Nggak Akan Lemot
Jakarta -

Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo) Nezar Patria kembali memastikan kesiapan jaringan telekomunikasi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Lokasi tersebut akan jadi dilakukannya upacara kemerdekaan HUT ke-79 RI.

"Bagus, sedang perbaikan terus (terkait) listrik, jaringan telekomunikasi, dan semua sistem pendukung untuk menyukseskan perayaan 17 Agustus di IKN," ditemui di sela-sela acara Indonesia Internet Expo & Summit (IIXS) 2024 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (12/8/2024).

Ia menjanjikan tidak pejabat pemerintah kabinet Indonesia Maju beserta para undangan di IKN tidak akan mengalami kesulitan dalam mengabadikan momen HUT RI di dunia maya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Aman, mudah-mudahan. Insya Allah lancar," ucap Nezar.

Ditemui di tempat yang sama, President Director Smartfren, Merza Fachys, menyebutkan bahwa pihaknya juga menyediakan jaringan telekomunikasi terkini di ibu kota baru itu.

ADVERTISEMENT

"(Ada) 5G di sana. IKN harus sama semuanya 5G. Ya, kalau apa istilahnya, callback karena nggak semua orang punya HP 5G, turun ke 4G, itu biasa," ucapnya.

Sebelumnya, operator seluler mulai dari Telkomsel, Indosat Ooredoo Hutchison, hingga XL Axiata juga menyatakan kesiapannya dalam menyediakan jaringan telekomunikasi di IKN.

"Akses jalan, lapangan upacara, teknologi listrik, internet untuk siaran dan sebagainya semua sudah lengkap," kata Ketua Satgas Percepatan Pembangunan IKN Nusantara Danis Sumadilaga di Lapangan Upacara IKN Nusantara, Sabtu (10/8/2024).

Untuk masyarakat, akan ada perwakilan yang menonton langsung, karena memang keterbatasan daya tampung di lapangan upacara IKN. Namun, akan diatur tempat-tempat untuk nobar.

"Nanti ada titik-titik dimana ada yang nonton bareng," kata dia.

Denis menambahkan di seluruh Kaltim itu sudah ada 261 lokasi akses internet via satelit Satria-1. Di IKN dibantu diperkuat di 15 titik di sekolah-sekolah oleh Bakti Kominfo.

Secara terpisah, Kadiv Satelit dan Akses Internet Bakti Kominfo, Harris Sangidun mengatakan Bakti Kominfo secara khusus memantau kondisi internet untuk perayaan HUT ke-79 RI di IKN secara real time. Bakti mengajak mitranya Paramitra Intimega (PIM) dan Satelit Nusantara Tiga untuk ikut memantau.

Untuk HUT ke-79 RI, Bakti meningkatkan kapasitas internet satelit yang diterima di kawasan IKN menjadi 200 Mbps. Hal itu untuk memberikan pengalaman lebih baik untuk mereka yang akan merayakan ulang tahun kemerdekaan Indonesia di IKN.



Satgas IKN Beberkan Kesiapan Infrastruktur IKN Jelang Upacara HUT RI

Satgas IKN Beberkan Kesiapan Infrastruktur IKN Jelang Upacara HUT RI


(agt/agt)
back to top