• Home
  • Berita
  • Instagram Akan Ubah Tampilan Grid di Profil Jadi Vertikal, Pengguna Protes

Instagram Akan Ubah Tampilan Grid di Profil Jadi Vertikal, Pengguna Protes

Redaksi
Aug 21, 2024
Instagram Akan Ubah Tampilan Grid di Profil Jadi Vertikal, Pengguna Protes
Jakarta -

Instagram sedang menguji coba tampilan baru untuk grid foto dan video di profil. Grid yang saat ini berbentuk persegi akan dibuat lebih tinggi menjadi persegi panjang.

Uji coba ini diumumkan langsung oleh Head of Instagram Adam Mosseri. Dalam postingannya di Instagram Story baru-baru ini, Mosseri mengatakan grid persegi yang digunakan saat ini dirancang saat Instagram hanya mengizinkan pengguna mengunggah foto persegi.

Batasan itu sudah dihilangkan pada tahun 2015, dan Mosseri mengatakan saat ini sebagian besar konten yang diunggah ke Instagram dalam bentuk vertikal.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Sebagian besar dari konten yang diunggah ke Instagram saat ini bersifat vertikal," kata Mosseri dalam postingan di Instagram Story, seperti dikutip dari The Verge, Rabu (21/8/2024).

"Ukurannya antara 4 x 3 untuk foto atau 9 x 16 untuk video, dan memotongnya menjadi persegi cukup brutal," sambungnya.

ADVERTISEMENT

Tampilan grid baru di profil ini sebenarnya sama saja seperti grid yang ada tab video atau Reels. Bedanya, bukan hanya video yang ditampilkan dalam bentuk vertikal, tapi juga foto.

Menurut postingan lama dari reverse engineer Alessandro Paluzzi, Instagram sudah menguji coba tampilan persegi panjang untuk grid profil sejak tahun 2022. Namun fitur ini mulai diuji coba secara lebih luas pada tahun ini.

Beberapa pengguna Instagram melaporkan sudah melihat grid baru ini di profilnya. Juru bicara Instagram Christine Pai mengonfirmasi bahwa grid vertikal ini sudah diuji coba melibatkan sebagian kecil pengguna.

"Ini merupakan uji coba terbatas, dan kami akan mendengarkan feedback dari komunitas sebelum menggulirkannya secara lebih luas," ujar Pai.

[Gambas:Twitter]

Sejumlah pengguna Instagram yang sudah menjajal grid baru ini mengeluhkan tampilannya yang membuat susunan foto mereka di profil jadi berantakan. Mosseri juga mengakui pengguna mungkin akan kesal dengan perubahan ini, namun ia juga ingin membuat tampilan Instagram lebih sesuai dengan konten saat ini.

"Saya tahu ini mungkin menyebalkan bagi sebagian dari kalian yang menghabiskan banyak waktu menyusun dan memastikan semuanya terlihat rapi, tapi saya benar-benar ingin berbuat lebih untuk konten saat ini," ujar Mosseri.



Instagram Uji Coba Fitur Tak Bisa Skip Iklan

Instagram Uji Coba Fitur Tak Bisa Skip Iklan


(vmp/fay)
back to top