• Home
  • Berita
  • Ini Senjata Andalan Paspampres AS yang Tewaskan Penembak Trump

Ini Senjata Andalan Paspampres AS yang Tewaskan Penembak Trump

Redaksi
Jul 16, 2024
Ini Senjata Andalan Paspampres AS yang Tewaskan Penembak Trump
Jakarta -

FBI mengungkap jenis senjata yang dipakai pelaku penembakan terhadap mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump adalah senapan AR-556 yang ternyata dibeli secara legal. Lantas, senjata apa yang dipakai oleh Secret Service atau Paspampres AS dalam menjinakkan pelaku?

"Senjata yang digunakan dalam percobaan pembunuhan mantan presiden AS Donald Trump adalah senapan AR-style 556 yang dibeli secara legal," kata Agen Khusus FBI Kevin Rojek kepada wartawan, dilansir AFP.

FBI telah mengidentifikasi Thomas Matthew Crooks, 20 sebagai subjek yang terlibat dalam upaya pembunuhan Trump. Dia warga Bethel Park, Pennsylvania.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pekerja dapur berusia 20 tahun ditembak mati di tempat kejadian oleh penembak jitu Secret Service yang bertindak cepat. Diketahui, Secret Service menggunakan senapan sniper Mk 13 yang dilengkapi dengan Nightforce ATACR 7-35x56 Scope dan pengintai RAPTAR untuk membunuh sang penembak.

Senapan sniper Mk13 adalah senjata presisi jarak jauh yang digunakan terutama oleh pasukan militer AS, termasuk Navy SEAL dan unit operasi khusus lainnya. Senjata ini didasarkan pada senapan Remington 700 yang terkenal karena keandalan dan akurasinya, dan dimodifikasi secara khusus untuk memenuhi tuntutan operasi militer yang ketat.

ADVERTISEMENT

Dikutip detikINET dari Army Recognition, senapan Mk13 biasanya menembakkan peluru .300 Winchester Magnum (Win Mag), yang menawarkan jangkauan unggul dibanding peluru standar NATO 7.62mm. Hal ini membuat Mk13 sangat cocok untuk pertempuran jarak jauh.

Senapan ini memiliki laras yang berat, didesain meningkatkan akurasi dengan meminimalkan kelenturan laras saat menembak. Pilihan desain ini adalah untuk memastikan bidikan yang konsisten.

Salah satu fitur utama Mk13 adalah optik canggihnya, yang dapat melakukan penglihatan malam dan pemandangan termal, memungkinkan penargetan akurat dalam berbagai kondisi pencahayaan. Senapan ini juga dilengkapi alat stabilitas dan peredam untuk mengurangi kebisingan.

Jangkauan efektif senapan sniper Mk13 biasanya sekitar 1.100 meter, meskipun penembak jitu yang terampil dapat mencapai tembakan akurat pada jarak yang lebih jauh. Desain dan fitur senapan ini menjadikannya senjata tangguh di tangan penembak jitu militer terlatih, yang mampu menghasilkan tembakan tepat dalam jarak jauh.



Video Amatir Kepanikan di Lokasi Saat Trump Ditembak

Video Amatir Kepanikan di Lokasi Saat Trump Ditembak


(fyk/afr)
back to top