• Home
  • Berita
  • Manusia Diramal Akan Hidup Abadi Pakai Nanobot

Manusia Diramal Akan Hidup Abadi Pakai Nanobot

Redaksi
Jul 16, 2024
Manusia Diramal Akan Hidup Abadi Pakai Nanobot
Jakarta -

Ray Kurzweil, mantan Engineer Google dan futuris terkenal telah meramalkan sesuatu yang cukup menarik. Ia mengatakan bahwa manusia akan mencapai keabadian pada tahun 2030 dengan bantuan nanorobot alias nanobot.

Kurzweil yang kini telah berusia 75 tahun, menerima Medali Teknologi Nasional pada tahun 1999 dan dilantik ke dalam Hall of Fame Penemu Nasional pada tahun 2022. Dalam beberapa dekade terakhir, ia telah membuat beberapa prediksi akurat, termasuk ramalan bahwa komputer akan mengalahkan manusia dalam permainan catur pada tahun 2000.

Prediksi manusia mencapai keabadian pada tahun 2030 pertama kali disebutkan dalam buku Kurzweil tahun 2005, 'The Singularity Is Near', di mana ia menjelaskan bahwa kemajuan dan perluasan genetika, robotika, dan teknologi nano saat ini dapat memungkinkan nanorobot berjalan melalui pembuluh darah kita dalam waktu dekat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dilansir detiKINET dari Ubergizmo, Selasa (16/7/2024) menurutnya, dalam waktu kurang dari satu dekade, manusia juga akan menciptakan teknologi untuk mengembalikan penuaan dan penyakit dengan robot mikroskopis yang dikirim untuk memperbaiki tubuh kita pada tingkat sel.

Pernyataannya baru-baru ini muncul kembali dalam serial YouTube oleh vlogger teknologi Adagio. Kurzweil juga mengklaim bahwa nanoteknologi akan memungkinkan kita untuk makan apa pun yang kita inginkan sambil tetap kurus dan berenergi.

ADVERTISEMENT

Dia menetapkan tanggal 2045 sebagai Singularitas, yaitu ketika manusia akan melipatgandakan kecerdasan efektif mereka satu miliar kali lipat dengan menggabungkan diri dengan AI yang telah mereka ciptakan. Selain itu, ia juga memprediksi bahwa AI akan lulus tes Alan Turing yang valid dan mencapai tingkat kecerdasan manusia pada tahun 2029.

Meskipun prediksi ini mungkin tampak mengada-ada bagi sebagian orang, namun banyak dari klaimnya sebelumnya telah menjadi kenyataan, termasuk yang menyebutkan bahwa konsumen akan dapat mendesain pakaian mereka sendiri dengan ukuran dan gaya yang tepat dari komputer di rumah pada tahun 1999. Dia juga meramalkan bahwa orang-orang akan menggunakan komputer portabel dalam berbagai ukuran dan bentuk pada tahun 2009.



Google Bakal Hapus Riwayat Lokasi Pengguna di Google Maps

Google Bakal Hapus Riwayat Lokasi Pengguna di Google Maps


(jsn/fay)
back to top