Ini Jurus Kominfo Jaga Kualitas Operator Telekomunikasi

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memanfaatkan Pusat Monitoring Telekomunikasi (PMT) sebagai upaya memeratakan pembangunan infrastruktur telekomunikasi dan menjaga kualitas layanan di Indonesia.
Direktur Pengendalian Pos dan Informatika Direktorat Pengendalian Pos dan Informatika Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Kominfo, Dany Suwardany, mengungkapkan bahwa PMT terintegrasi dalam melakukan pengawasan terhadap pelayanan telekomunikasi, pos, dan penyiaran.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT
"PMT sendiri merupakan langkah strategis yang kita lakukan untuk memastikan bahwa penyelenggaraan telekomunikasi, pos dan penyiaran tidak hanya memenuhi standar yang telah ditetapkan atau sesuai perizinan yang telah dijanjikan kepada pemerintah dari penyelenggara telekomunikasi tetapi juga untuk memberikan manfaat optimal bagi pemerintah, operator dan masyarakat," tuturnya di Jakarta, Kamis (16/11/2023).
Disampaikan Dany, operasional PMT bertujuan untuk memastikan bahwa semua aspek pelayanan telekomunikasi, pos, dan penyiaran dapat berjalan baik sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.
"Dengan adanya PMT ini diharapkan seluruh aktivitas monitoring dan evaluasi pelaporan maupun analisis yang bersifat manual dapat diotomasi dengan menggunakan TIK, sehingga waktu pelaksanaannya bisa lebih efisien,lebih cepat, dan lebih akurat dan lebih valid," tuturnya.
Dany mengatakan lewat PMT ini seluruh aktivitas monitoring, evaluasi pelaporan, dan analisis dapat dilaksanakan secara lebih efisien, cepat, akurat, dan valid.
"PMT memiliki enam fungsi, yaitu dashboard analisa PMT, Sistem Informasi Geografis (GIS), aplikasi Sigmon, monitoring telekomunikasi, smart monitoring quality of service (QoS), dan ticketing," ungkap dia.
Hasil analisis data yang didapatkan dari PMT menurut Dany akan dapat dijadikan dasar dalam mengatasi berbagai permasalahan telekomunikasi, pos, dan penyiaran melalui keputusan yang tepat dan efektif.
"Tujuan akhirnya adalah sistem monitoring ini untuk mengatasi berbagai macam permasalahan yang ada dan mengumpulkan data-data hasil analisis tersebut dalam big data yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan yang lebih tepat dan efektif," pungkasnya.
Simak Video "Cek dan Laporkan Nomor Telepon Penipuan di Situs Ini!"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)