• Home
  • Berita
  • Ini Daftar Laptop Gaming Asus yang Pakai Intel Raptor Lake

Ini Daftar Laptop Gaming Asus yang Pakai Intel Raptor Lake

Redaksi
Feb 28, 2023
Ini Daftar Laptop Gaming Asus yang Pakai Intel Raptor Lake

Di ajang CES 2023 lalu Asus memamerkan sejumlah laptop gaming yang memakai prosesor Raptor Lake, alias Intel Core generasi ke-13, yang bakal segera diboyong ke Indonesia. Inilah dia daftarnya:

ROG Strix SCAR

Dari daftar laptop tersebut, seri ROG Strix SCAR adalah varian yang speknya paling mewah. Dari seri ada ada dua varian, yaitu SCAR 16 dan SCAR 18 yang ditujukan untuk hardcore gamer.

Prosesor Raptor Lake yang dipakai dipasangkan dengan chip grafis Nvidia RTX 40, yang menjadi kombinasi "mengerikan" untuk para gamer. Oh ya, Strix SCAR keluaran 2023 ini juga dilengkapi dukungan layar ROG Nebula dan ROG Nebula HDR.

Kedua seri SCAR ini memang punya ukuran layar yang berbeda dan bertambah besar dibanding pendahulunya, naik dari 15 inch dan 17 inch. Namun ukuran total laptopnya tak banyak berubah. Kedua laptop ini punya resolusi QHD di layarnya, namun untuk varian 16 inch menggunakan ROG Nebula HDR sementara varian 18 inch menggunakan ROG Nebula.

Sistem pendingin yang dipakai adalah full width heatsing dan Tri-Fan Technology. Thremal paste yang dipakai pun ekstrim, yaitu liquid metal Thermal Grizzly Conductonaut Extreme yang dipakai di CPU dan GPU untuk penghantaran panas yang lebih baik.

ROG Strix SCAR terbaru ditenagai oleh prosesor hingga 13th Gen Intel Core i9 13980HX yang menggunakan konfigurasi 8 Performance-cores dan 16 Efficient-cores, serta chip grafis hingga NVIDIA GeForce RTX 4090 dengan TGP 175W. Asus menjanjikan thermal headroom yang besar, artinya performanya masih bisa digeber lebih kencang.

ROG Zephyrus M16

Berbeda dengan Strix SCAR yang fokus pada performa, lini Zephyrus juga mengutamakan faktor tampilan laptop yang juga mesti stylish dan mudah dibawa-bawa. Jadi selain kencang, lini Zephyrus ini juga mempertahankan portabilitasnya.

Pada Zephyrus M16, Asus menggunakan sistem pendingin full width heatsink dan Tri-Fan Technology, yang membuat mereka bisa menggunakan CPU dan GPU dengan TDP lebih besar 20W dibanding tahun lalu. Yang jelas, Intel Core i9-13900H dan RTX 4090 yang dipakai dijanjikan bisa tetap optimal di laptop ini.

Agar unik, Asus juga memasang LED AniMe Matrix pada bagian layar belakang Zephyrus M16, yang membuat laptop ini tampil beda dibanding pesaingnya.

Untuk mengakomodasi para gamers dan konten kreator, ROG Zephyrus M16 dilengkapi dengan layar ROG Nebula yang memiliki color gamut 100% DCI-P3 dan refresh rate 240Hz. Layar ROG Nebula di laptop ini juga mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display dan mengusung resolusi QHD.

Halaman 1 2 Selanjutnya asus laptop gaming intel raptor lake

back to top