ICXP Dapat Anggota Baru dari Negeri Bollywood dan Jajaki Pasar RI

Indonesia Customer Experience Professtionals (ICXP) yang merupakan asosiasi profesional pengelaman kustomer di Indonesia, kini bertambah anggota baru dari India, yakni Exotel.
Ketua Umum ICXP Sri Safitri mengatakan, pihaknya bangga dengan keterlibatan anggota baru yang sangat berpengalaman di dunia CX. Hal tersebut akan makin meneguhkan eksistensi sekaligus pengaruh dari asosiasi profesi tersebut.
"Apalagi ini era kolaborasi, kita tidak bisa unggul, sulit jika sendiri-sendiri. Apa yang bisa diberikan satu sama lainnya, itu yang akan menguatkan para praktisi CX di tanah air untuk menjaga pelayanan terbaik kepada masyarakat Indonesia," ujar dia seperti dalam siaran persnya.
Exotel, kata dia, melengkapi komposisi anggotanya yang sebagian berasal dari industri yang melayani end user sementara Exotel dari sisi penyedia layanan akan menciptakan interaksi dan sinergi yang bermanfaat dalam lanskap CX di tanah air.
Dengan kehadiran anggota ICXP, Exotel berinisiatif memperluas dan menjangkau pasar negara berkembang, terutama di kawasan Asia-Pasifik. Sementara itu, Indonesia, di mata Exotel sebagai negara kunci sebagai pasar terbesar kedua yang disambanginya.
"Bermitra dengan ICXP merupakan tonggak utama dalam perjalanan Exotel dengan Indonesia, karena memungkinkan peningkatan kolaborasi untuk memajukan manajemen keterlibatan pelanggan di Indonesia," katanya dalam keterangan pers, Kamis (10/11/2022).
Exotel adalah penyedia platform keterlibatan pelanggan atau Customer Engagement Platform (CEP) yang lengkap dan terkemuka di pasar berkembang dan berfokus layanan virtual operator telekomunikasi dan start up. Didirikan pada tahun 2011, layanan mereka telah melibatkan 50 juta interaksi dari lebih 6000 perusahaan di India, Asia Tenggara, Timur Tengah, dan Afrika.
Saat ini, beberapa perusahaan dengan pertumbuhan tercepat di pasar negara berkembang menjadi customer mereka. Seperti Ola, Swiggy, Flipkart, GoJek, Byju's, Urban Company, HDFC Bank, Zomato, Oyo, dan lainnya.
Shivakumar melanjutkan, setelah gabung ICXP, pihaknya berencana berencana mendirikan kantor di Jakarta dalam satu tahun ke depan. Hal ini perlu karena berbagi ikatan budaya, sejarah, dan perjalanan Indonesia harus terus dilakukan guna meningkatkan skala digital perusahaan secara eksponensial.
"Apalagi era experience economy sekarang dengan cepat mengubah strategi organisasi karena membuat pengalaman pelanggan berfungsi lebih penting dari sebelumnya. Apalagi persaingan semua industri maki meningkat. Kami berharap kerjasama dengan ICXP ini, maka akan mudah bagi kami mempromosikan praktik terbaru dan terbaik dalam manajemen pengalaman pelanggan," katanya.
ICXP pertama diresmikan pada 9 September 2021 oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.
Asosiasi ini sendiri beranggotakan sejumlah praktisi CX terkemuka di tanah air, seperti Ketua Umum Sri Safitri yang memiliki rekam panjang di Telkom, Sekretaris Rudy Dalimunthe sebagai SVP CX Tokopedia, Bendahara yang juga Direktur CX Grab Indonesia Cut Noosy, CEO Xynesis International Eva Noor, Helmi Yahya Dirut TVRI 2017-2020, dan Ahmad Nugraha Country Manager Qfree 2013-2019.