• Home
  • Berita
  • Hubble Abadikan Gambar Spiral yang Bersinar Terang, Begini Penampakannya

Hubble Abadikan Gambar Spiral yang Bersinar Terang, Begini Penampakannya

Redaksi
Sep 19, 2022
Hubble Abadikan Gambar Spiral yang Bersinar Terang, Begini Penampakannya

JAKARTA, arenagadget.id  - Peneliti teleskop luar angkasa Hubble Space Telescope membagikan gambar luar angkasa lagi. Gambar menunjukkan galaksi NGC 1961, lengan spiralnya menjangkau ke dalam kegelapan dan berputar-putar di sekitar pusatnya yang terang dan sibuk. 

Galaksi terletak 180 juta tahun cahaya, di konstelasi Camelopardalis atau Giraffe. Rasi bintang yang kurang dikenal terlihat dari belahan Bumi utara dan besar tapi redup. 

Galaksi khusus ini terkenal karena inti galaksi aktifnya, yang merupakan wilayah sangat terang di jantungnya. Inti galaksi aktif atau AGNs adalah target studi karena mereka lebih terang dibanding dapat dijelaskan keberadaan bintang-bintang di sana, dan sejumlah besar radiasi yang dihasilkan saat material jatuh ke dalam supermasif black hole di pusatnya. 

“NGC 1961 adalah spiral menengah dan tipe galaksi AGN, atau inti galaksi aktif,” kata ilmuwan Hubble sebagaimana dikutip dari Digital Trends. 

Spiral menengah berada di antara galaksi spiral “terlarang” dan “tanpa palang”, kata ilmuwan, yang berarti mereka tidak memiliki batang bintang yang terdefinisi dengan baik di pusatnya. 

"Galaksi AGN memiliki pusat yang sangat terang yang seringkali jauh lebih cemerlang dari galaksi lainnya pada panjang gelombang cahaya tertentu. Galaksi-galaksi ini kemungkinan memiliki lubang hitam supermasif di intinya yang menghasilkan pancaran sinar terang dan angin yang membentuk evolusi mereka. NGC 1961 adalah jenis AGN yang cukup umum yang memancarkan partikel bermuatan energi rendah," ujarnya. 

Meskipun black hole itu sendiri tidak terlihat karena menyerap cahaya yang datang dekat dengannya, daerah di sekitar lubang hitam dapat bersinar terang. Saat debu dan gas berputar di sekitar lubang hitam dalam struktur yang disebut piringan akresi, partikel debu dan gas saling bergesekan dan meningkatkan suhu. 

Disk akresi ini dapat mencapai suhu yang sangat tinggi, bahkan lebih panas dari permukaan matahari. Mereka terang karena mereka mengeluarkan radiasi di seluruh spektrum elektromagnetik tergantung pada lingkungan tertentu, termasuk cahaya tampak dan sinar-X.

back to top