• Home
  • Berita
  • Hands-on Samsung Galaxy S23 Ultra 5G: Superior di Segala Sisi

Hands-on Samsung Galaxy S23 Ultra 5G: Superior di Segala Sisi

Redaksi
Feb 03, 2023
Hands-on Samsung Galaxy S23 Ultra 5G: Superior di Segala Sisi

Samsung Galaxy S23 Ultra 5G menempati kasta tertinggi di antara model Galaxy S23 lainnya, yang baru saja diluncurkan oleh Samsung. Seperti apa kesan pertama memegangnya?

Dilihat dari desainnya yang kotak, Galaxy S23 Ultra mirip dengan pendahulunya, Galaxy S22 Ultra. Meskipun, tetap ada perbedaannya.

Menurut Samsung, lengkungan tepi layar Galaxy S23 Ultra dikurangi agar lebih mudah digunakan dengan stylus S Pen. Dengan kata lain, layar Galaxy S23 Ultra menjadi lebih datar sehingga lebih nyaman lagi dalam genggaman.

Saat dioperasikan, Galaxy S23 Ultra terasa mantap dan tidak terasa gambot, walau ukurannya tidak bisa dibilang kecil.

Adapun ukuran layarnya sama seperti tahun silam, yakni 6,8 inch. Spesifikasi layar lain tetap sama dengan resolusi 3.200 x 1.440 pixel, kecerahan 1750 nit, dan refresh rate 120Hz. Ada perubahan kecil di mana kecepatan refresh adaptif dapat turun serendah 1Hz dalam rangka lebih menghemat baterai.

Beralih ke jeroan, Galaxy S23 Ultra dibekali chip powerful Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy. Ini adalah Snapdragon 8 Gen 2 yang memang khusus dioptimalkan untuk Galaxy S23 Series. Beralih aplikasi atau multitasking saat menjajalnya, terasa lancar dan lincah serta konsisten.

Barangkali fitur paling menonjol di Galaxy S23 Ultra adalah kamera utama resolusi 200 megapixel, naik dari sebelumnya 108 megapixel. Kemampuan kamera ini didukung oleh prosesornya, di mana pemrosesan foto bisa dilakukan cepat dengan hasil memuaskan.

Dengan resolusi sebesar itu, hasil foto dapat maksimal dan bahkan saat di-crop, fotonya pun tetap tampak jelas.

Dalam kondisi gelap, foto yang dijepret pun tetap memikat karena ada peningkatan dalam fitur Nightography. Menurut Samsung, noise yang biasa mengganggu saat mengambil gambar di kondisi minim cahaya dikoreksi algoritma image signal processing (ISP) berbasis AI terbaru untuk mempertajam detail dan warna.

Adapun kamera selfie yang beresolusi 12 megapixel, juga kian mumpuni dengan upgrade autofokus cepat serta Super HDR pertama dari Samsung dengan lompatan kapabilitas dari 30fps ke 60fps. Kamera memang menjadi fokus peningkatan fitur di Galaxy S23 Series.

Selain foto, fitur video pun diperbaiki termasuk dapat merekam video yang terasa lebih sinematik. Ada peningkatan perekaman video 8K pada 30fps, dengan angle lebih lebar.

Galaxy S23 Ultra dibekali baterai 5.000 mAh yang seharusnya cukup awet dipakai lama, terlebih dengan efisiensi yang dihadirkan oleh prosesornya.

Hands on sekilas tentu belum dapat menggambarkan keseluruhan kemampuan HP flagship ini. Namun bisa dikatakan bahwa sejauh ini, Samsung Galaxy S23 Ultra 5G menjadi puncak pencapaian smartphone premium Samsung. Spesifikasinya sungguh berkelas. Performa dan kameranya juara!

back to top