• Home
  • Berita
  • Jarang yang Tahu! 1 STB Bisa untuk 2 TV Tangkap Siaran Digital

Jarang yang Tahu! 1 STB Bisa untuk 2 TV Tangkap Siaran Digital

Redaksi
Feb 03, 2023
Jarang yang Tahu! 1 STB Bisa untuk 2 TV Tangkap Siaran Digital

Jarang yang mengetahui bahwa satu perangkat set top box (STB) bisa dipakai dua TV analog untuk nonton siaran TV digital. Tentunya ini menjadi solusi bagi detikers yang di rumahnya memiliki dua pesawat televisi dengan cara hemat.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terus memperluas cakupan wilayan yang akan disuntik mati siaran analognya atau dikenal dengan istilah Analog Switch Off (ASO).

Seiring dengan hal tersebut, masyarakat yang masih memiliki TV analog untuk bersiap diri bermigrasi ke siaran TV digital. Untuk bisa menikmati siaran digital ini, detikers harus didukung perangkat set top box.

Sebagai catatan bahwa metode satu set top box dipakai dua TV analog ini dapat dilakukan untuk pesawat televisi berbeda. Misalnya, satunya itu TV tabung yang masih mengandalkan kabel RCA dan satunya lagi itu TV LED yang tersedia kabel HDMI.

Berikut cara pasang satu perangkat STB di 2 TV Analog, seperti dikutip dari CNN Indonesia:

Bagi yang masih memiliki TV analog atau TV tabung, jangan khawatir karena masih bisa menangkap sinyal siaran TV digital dengan bantuan alat set top box (STB) yang harganya sekitar Rp 150 ribu sampai Rp 300 ribuan.

Bagi kelompok rumah tangga miskin eksrem akan mendapatkan bantuan set top box gratis TV digital yang bersumber dari penyelenggara multipleksing dibantu Kominfo.

Sedangkan untuk masyarakat mampu diimbau untuk membeli perangkat set top box TV digital ini yang telah tersedia di pasaran, baik offline maupun online, dengan rentan harga Rp 150 ribu sampai Rp 300 ribuan.

Sejauh ini, pelaksanaan ASO tersebut baru dilakukan di 265 kabupaten/kota dari 514 kabupaten/kota. Pemerintah terus mengejar digitalisasi penyiaran di 249 kabupaten/kota lainnya.

Adapun belum lama ini, Kominfo menyebutkan ada wilayah siaran yang akan dilakukan migrasi TV analog ke digital, yakni Bali, Kalimantan Selatan-1, Sulawesi Selatan-1, Sumatera Selatan-1, dan Sumatera Utara-1.

Ikuti berita menarik detikINET lainnya di Google News

back to top