• Home
  • Berita
  • Google Uji Coba Fitur Keamanan Baru untuk Tangkis APK Penipu

Google Uji Coba Fitur Keamanan Baru untuk Tangkis APK Penipu

Redaksi
Feb 10, 2024
Google Uji Coba Fitur Keamanan Baru untuk Tangkis APK Penipu
Jakarta -

Penipuan online kini semakin banyak modusnya. Google pun memperkuat fitur Play Protect untuk melindungi pengguna Android dari aplikasi penipu yang di-download dari luar Play Store.

Menurut laporan 9to5Google, fitur ini akan menyasar aplikasi yang ketahuan melakukan financial fraud atau penipuan finansial, terutama aplikasi yang di-download dari sumber pihak ketiga seperti browser, aplikasi messaging, atau file manager.

Berkat proteksi baru ini, Play Protect akan memblokir instalasi aplikasi secara otomatis jika aplikasi itu meminta izin akses yang sering disalahgunakan untuk penipuan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Google akan mengincar aplikasi penipu yang meminta izin akses untuk RECEIVE_SMS, READ_SMS, BIND_Notifications, dan aksesibilitas. Akses ini sering digunakan oleh penipu untuk mencegat SMS atau notifikasi berisi one-time password dan mengintip isi konten di layar.

"Berdasarkan analisis kami keluarga malware penipu besar yang mengeksploitasi izin runtime sensitif ini, kami menemukan bahwa lebih dari 95% instalasi datang dari sumber sideloading-internet," kata Google, seperti dikutip dari 9to5Google, Sabtu (10/2/2024).

Dari screenshot yang tersedia, Play Protect akan langsung memblokir instalasi aplikasi yang diduga berpotensi membahayakan pengguna. Play Protect juga menjelaskan aplikasi tersebut bisa meminta akses terhadap data yang sensitif, serta meningkatkan risiko pencurian identitas dan penipuan finansial.

Fitur perlindungan tersebut akan diuji coba di Singapura dalam beberapa pekan ke depan. Google sudah bekerja sama dengan Badan Keamanan Siber Singapura (CSA) untuk menguji coba fitur ini.

Google mengatakan akan mengawasi hasil uji coba ini untuk melihat dampaknya dan melakukan perubahan jika dibutuhkan. Belum diketahui kapan fitur ini akan tersedia untuk pengguna Android di negara lain.

Sementara itu, fitur pemindaian real-time yang ditawarkan Play Protect diklaim memiliki dampak yang signifikan untuk pengguna di India, Thailand, Singapura, dan Brasil. Fitur itu sudah mengidentifikasi 515.000 aplikasi berbahaya dan mengeluarkan lebih dari 3,1 juta peringatan atau pemblokiran.



Simak Video "Google Tambahkan Varian Warna Baru di Pixel 8"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)
back to top