• Home
  • Berita
  • Apple Masih Kesulitan Garap iPhone Layar Lipat

Apple Masih Kesulitan Garap iPhone Layar Lipat

Redaksi
Feb 10, 2024
Apple Masih Kesulitan Garap iPhone Layar Lipat
Jakarta -

Apple masih bekerja keras mengembangkan perangkat foldable atau layar lipat pertamanya. Bahkan laporan terbaru mengindikasikan Apple mengalami sejumlah masalah teknis terkait desain dan mekanisme perangkat foldable-nya.

Menurut laporan The Information, Apple saat ini sedang menggarap setidaknya dua prototipe iPhone layar lipat. Perangkat ini menggunakan desain clamshell, sama seperti lini Samsung Galaxy Z Flip dan Oppo Find N Flip.

Pengembangan iPhone layar lipat menghadapi beberapa masalah. Apple kabarnya ingin menciptakan iPhone layar lipat dengan layar eksternal, tapi The Information mengklaim engineer Apple kesulitan mewujudkan desain ini karena mudah rusak.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Selain itu, engineer Apple juga ingin membuat perangkat layar lipat yang ketebalannya saat ditutup tidak melebihi model iPhone saat ini. Tapi desain ini problematik karena ukuran baterai dan komponen display yang memakan tempat cukup banyak.

Sejauh ini Apple sudah berbicara dengan setidaknya satu perusahaan di Asia tentang pengadaan komponen untuk iPhone layar lipat dalam berbagai ukuran. Meski begitu, The Information mengklaim proyek ini berpotensi dibatalkan jika produk akhirnya tidak sesuai dengan standar desain Apple.

Apple sempat menghentikan pengembangan iPhone layar lipat pada tahun 2020 dan beralih ke iPad layar lipat. Perangkat tersebut memiliki layar utama berukuran 8 inch, setara dengan ukuran iPad mini.

Apple memutuskan iPad layar lipat bisa memiliki desain yang lebih tebal karena tidak diharapkan dapat disimpan di saku. iPad layar lipat juga memiliki standar ketahanan yang tidak terlalu ketat dibandingkan iPhone layar lipat.

Namun engineer Apple sedang berusaha untuk mengurangi tanda lipatan di bagian tengah layar. Selain itu, Apple juga ingin mengembangkan engsel yang memungkinkan display iPad layar lipat benar-benar datar saat dibuka, seperti dikutip dari The Verge, Sabtu (10/2/2024).

Fanboy Apple harus menunggu cukup lama untuk mendapatkan iPhone dan iPad layar lipat. The Information mengklaim iPhone layar lipat tidak termasuk dalam rencana produksi massal Apple untuk tahun 2024 dan 2025, jadi kemungkinan produk ini baru diluncurkan tahun 2026.

Sementara itu, laporan terbaru dari The Elec mengindikasikan Apple akan meluncurkan perangkat layar lipat berukuran 7 inch atau 8 inch pada tahun 2026 atau 2027.



Simak Video "iPhone 15 Pro Tak Memuaskan Pengguna, Mengapa?"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)
back to top