• Home
  • Berita
  • Gantikan PeduliLindungi, SatuSehat Mobile Sempat Error

Gantikan PeduliLindungi, SatuSehat Mobile Sempat Error

Redaksi
Mar 01, 2023
Gantikan PeduliLindungi, SatuSehat Mobile Sempat Error

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah mengubah aplikasi PeduliLindungi menjadi SatuSehat Mobile pada 1 Maret 2023. Baru ganti wajah, eh SatuSehat Mobile error.

Tak sedikit pengguna yang mengalami kesulitan mengakses SatuSehat Mobile, mulai dari tidak bisa login sampai mengakses sertifikat vaksin.

Seperti dialami oleh seorang pegawai swasta bernama Panji. Dia sudah update aplikasi PeduliLindungi menjadi SatuSehat Mobile, tapi ketika mau login SatuSehat Mobile, ia selalu mengalami kegagalan.

"Coba pakai nomor yang terdaftar, keterangannya malah disuruh 'silakan registrasi terlebih dahulu'. Sudah restart HP juga sama nggak bisa juga (login SatuSehat Mobile)," keluhnya

Terkait persoalan tersebut, Kemenkes menyebut hal itu terjadi karena tingginya antusias masyarakat yang melakukan login bersamaan.

Seperti dalam stories akun Instagram PeduliLindungi.id, Rabu (1/3/2023) Kemenkes menyampaikan permohonan maaf kepada pengguna yang tidak bisa login SatuSehat Mobile.

Disampaikannya juga, beberapa fitur dilaporkan terdampak sehingga pengguna kesulitan untuk login serta mengakses tiket dan sertifikat vaksin.

"Saat ini masalah tersebut sedang dalam penanganan oleh tim teknis kami," kata Kemenkes.

Diberitakan sebelumnya, Kemenkes memutuskan untuk 'mematikan' PeduliLindungi setelah dua tahun beroperasi untuk membantu pemerintah dalam pencegahan penyebaran COVID-19.

Kini, PeduliLindungi resmi berganti menjadi SatuSehat Mobile yang akan menjadi andalan baru pemerintah, dalam hal ini Kemenkes sebagai aplikasi kesehatan masyarakat.

Perubahan PeduliLindungi menjadi SatuSehat Mobile sudah bisa dilakukan saat ini dengan melakukan pembaharuan aplikasi PeduliLindungi di Play Store untuk pengguna berbasis Android maupun App Store bagi yang memiliki perangkat iOS, baik secara otomatis maupun manual.

back to top