• Home
  • Berita
  • Galaxy S24 Dibekali Ratusan AI Fotografi, Bikin Zoom Mengesankan

Galaxy S24 Dibekali Ratusan AI Fotografi, Bikin Zoom Mengesankan

Redaksi
Jan 24, 2024
Galaxy S24 Dibekali Ratusan AI Fotografi, Bikin Zoom Mengesankan
Jakarta -

Samsung mengungkap Galaxy S24 series dibekali ratusan model kecerdasan buatan (AI) untuk fotografi. Ini membuat kemampuan zoom-nya diklaim lebih mengesankan dari Galaxy S23.

"Samsung menyediakan lebih dari 118 model AI di Galaxy S24. Dan kami mengumpulkan semuanya menjadi satu nama, ProVisual Engine. Dan dengan menggunakan mesin tersebut, kami memiliki zoom AI dan Nightopgrahy yang lebih baik, SuperHDR, slow-mo instant, serta solusi pengeditan generatif," kata Joshua Cho, Executive Vice President of the Visual Solution team for Samsung Electronics Mobile eXperience Business.

Demi lebih unggul kompetitor, Samsung berupaya membuat ProVisual Engine dari model AI terbaik di dunia. Untuk itu, mereka mengumpulkan jumlah data yang banyak, menyiapkan (Neural Processing Unit) NPU berperforma tinggi untuk memproses model AI.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Semua harus kami selaraskan dengan baik agar kami dapat memberikan solusi AI terbaik kepada pengguna," ujar Cho saat sesi interview Galaxy Unpacked di Samsung Research America, Mountain View, California, AS.

Cho mengungkap Samsung mulai menggunakan NPU di Galaxy S10 yang dirilis Maret 2019, kala itu mereka hanya menggunakan empat model AI. Kini hampir lima tahun berselang, Galaxy S24 menggunakan 28 kali lebih banyak dan kinerja NPU meningkat 13 kali lebih tinggi dari Galaxy S10.

"Dan menggunakan NPU berkinerja tinggi dan model AI yang sangat luar biasa dan bagus, kami memberikan IQ terbaik dan kegunaan terbaik," ucap Cho.

Salah satu implementasi semua itu dapat dicicipi langsung pengguna pada sistem quad tele di Galaxy S24 Ultra. Samsung menggantikan zoom optic 10x menjadi 5x. Kendati terkesan downgrade, sensor yang dipasang jauh lebih besar dan berukuran 50 MP.

Samsung Galaxy S24 Ultra Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

"Jadi dalam 1x, 3x dan 5x, kami memiliki zoom optik atau lensa optik. Pada zoom 2x kami menggunakan jepretan 1x 50MP dan di-crop bagian tengahnya. Lantas bagaimana10x? Kami punya 15 MP pada zoom 5x, kami potong bagian tengah menjadi 12 MP," papar Cho.

"Jadi dari 1x hingga 10x, kami menggunakan sistem quad tele yang memberikan kualitas zoom lebih baik. Dan juga dengan menggunakan tingkat optik 10x, berkat teknologi AI zoom, kami dapat memberikan hasil yang lebih baik hingga 100x," imbuhnya.

Tak sebatas kamera, teknologi AI yang dikembangkan Samsung turut disematkan pada aplikasi Gallery. Alhasil pengguna dapat berkreasi lebih lanjut pada foto atau video hasil kamera Galaxy S24 series.

Misalnya, membuat efek slow-mo instan pada video yang telah diambil. Atau memindahkan dan mengubah ukuran subjek pada hasil jepretan.

"Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, kami menyediakan banyak AI models dan AI engines. Dan saat kamu melihat gambar di galeri, cukup menggeser ke atas, atau menekan tombol edit. Dan kami langsung menganalisis gambar tersebut dan memberikan beberapa rekomendasi terbaik," pungkas Cho.



Simak Video "Kebolehan Galaxy S24 Series: Ada Penerjemah Suara 2 Arah Real-Time"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)
back to top