• Home
  • Berita
  • Etruria Bomarzo, Piramida yang Lebih Misterius dari Giza Mesir

Etruria Bomarzo, Piramida yang Lebih Misterius dari Giza Mesir

Redaksi
Aug 26, 2024
Etruria Bomarzo, Piramida yang Lebih Misterius dari Giza Mesir
Jakarta -

Piramida Agung Giza merupakan salah satu piramida terkenal. Bangunan ini masuk kategori piramida tertua di dunia. Popularitasnya tinggi, banyak wisatawan dari berbagai belahan dunia yang terbang ke Mesir untuk menyaksikannya secara langsung.

Tapi ternyata, masih ada bangunan piramida lain yang tak kalah menariknya, misalnya Piramida Etruria Bomarzo di Italia. Menariknya, piramida ini sudah lama menjadi legenda masyarakat di sana, dan baru ditemukan kembali pada abad ke-20.

Melansir The Archelogist, Senin (26/8/2024), Piramida Etruria terletak di dalam hutan Bomarzo, Provinsi Viterbo, Italia. Situs ini sempat dilupakan, bangunannya bahkan telah tertutup vegetasi saat ditemukan oleh para arkeolog.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berdasarkan studi awal, piramida itu diduga berfungsi sebagai situs keagamaan atau seremonial bagi orang-orang Etruria. Keselarasan struktur itu dengan benda-benda langit, khususnya titik balik matahari dan ekuinoks, memunculkan teori bahwa bangunan unik tersebut berfungsi sebagai observatorium astronomi. Kemungkinan lain, itu digunakan sebagai altar suci para pendeta untuk melakukan ritual yang berhubungan dengan musim dan siklus pertanian.

Ada juga teori yang berpendapat lain, yakni piramida itu merupakan bagian dari kompleks pemakaman tokoh penting masyarakat Etruria. Desainnya yang berundak dan platform yang ditinggikan mungkin dimaksudkan untuk mewakili perjalanan menuju kehidupan setelah kematian. Setiap tingkat melambangkan tahap pendakian jiwa.

ADVERTISEMENT

Dalam beberapa tahun terakhir, piramida ini telah menjadi wisata populer wisatawan dan penggemar sejarah. Tak dimungkiri, Piramida Etruria Bomarzo menjadi salah satu monumen kuno paling misterius di Italia. Asal-usul, fungsi, dan simbolismenya terus menjadi subjek perdebatan ilmiah hingga sekarang.

Salah satu yang sangat diperhatikan adalah upaya konservasi Piramida Etruria. Struktur yang diukir dari tuf vulkanik lunak ini rentan terhadap pelapukan dan erosi, dan tanpa perawatan yang tepat, struktur ini dapat rusak dengan cepat. Pemerintah daerah dan organisasi budaya telah mengambil langkah-langkah untuk menjaga piramida ini dengan membersihkan semak belukar dan mencegah kerusakan lebih jauh dari bangunan itu.



Turis Belanda Coret-coret Dinding Bangunan Romawi Kuno di Italia

Turis Belanda Coret-coret Dinding Bangunan Romawi Kuno di Italia


(ask/ask)
back to top