• Home
  • Berita
  • Epic Games Habis Rp 1,8 Triliun untuk Kreator Fortnite, Ini Alasan PHK?

Epic Games Habis Rp 1,8 Triliun untuk Kreator Fortnite, Ini Alasan PHK?

Redaksi
Oct 04, 2023
Epic Games Habis Rp 1,8 Triliun untuk Kreator Fortnite, Ini Alasan PHK?
Jakarta -

Epic Games ternyata sudah menggelontorkan banyak uang untuk para kreatornya. Nominalnya bahkan menyentuh angka USD 120 juta atau sekitar Rp 1,8 triliun.

Uang itu merupakan pembagian pendapatan, terhadap lebih dari 13 ribu kreator yang membuat peta di Fortnite di seluruh dunia. Jumlah tersebut tidak langsung keluar dalam satu hari, melainkan terhitung sejak bulan Maret hingga September 2023.

Kendati terhitung banyak, sepertinya itu tidak seberapa dibandingkan dengan pendapatan perusahaan. Sebagaimana dilansir detikINET dari The Gamer, Rabu (3/10/2023), Epic Games diperkirakan menghasilkan USD 4,4 miliar atau sekitar Rp 68,7 triliun pada tahun ini.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Mungkin pembagian pendapatan tersebut cukup besar bagi kreator. Namun jika diperhatikan kembali, hal ini menyiratkan bahwa Epic berusaha membuat penggemar melalukan pekerjaan sebagai karyawan, tanpa memberikan manfaat lain seperti asuransi atau gaji khusus.

Parahnya lagi, kabar ini mereka umumkan tepat setelah beberapa hari lalu melakukan PHK kepada 830 karyawannya. Lalu alasan melakukan pemecatan, yaitu karena Epic Games telah menghabiskan lebih banyak uang alih-alih memperolehnya.

Entah menghabiskan yang dimaksud di sini ialah pengeluaran untuk kreator Fortnite, atau ada hal lain yang memaksa mereka mengucurkan dana lebih banyak lagi. Namun bila mengacu kepada pemasukan perusahaan tahun ini, itu angka yang sangat fantastis.

"Untuk sementara ini, kami telah menghabiskan lebih banyak uang daripada yang kami peroleh, berinvestasi dalam evolusi Epic berikutnya dan mengembangkan Fortnite sebagai ekosistem yang terinspirasi oleh metaverse bagi para pembuat konten. Saya sudah lama optimis bahwa kita dapat melewati transisi ini tanpa PHK, namun jika dipikir-pikir, saya melihat hal ini tidak realistis," kata Tim Sweeney, CEO Epic Games (30/9).

Sebenarnya segala upaya pun sudah dilakukan Epic Games, seperti memotong biaya operasional untuk pemasaran dan acara. Namun sayangnya itu masih belum bisa menyelamatkan keuangan perusahaan.

"Kami menyimpulkan bahwa PHK adalah satu-satunya cara, dan melakukan PHK saat ini dan dalam skala sebesar ini akan menstabilkan keuangan kami," ujar Sweeney.



Simak Video "Kabar Epic Games PHK Hampir 900 Karyawan"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fay)
back to top