• Home
  • Berita
  • e-Commerce Paling Banyak Program & Interaktif Jadi Favorit Konsumen

e-Commerce Paling Banyak Program & Interaktif Jadi Favorit Konsumen

Redaksi
May 17, 2023
e-Commerce Paling Banyak Program & Interaktif Jadi Favorit Konsumen
Jakarta -

Belanja online sudah dianggap sebagai solusi utama dalam memenuhi kebutuhan secara praktis dan fleksibel. Pastinya, ada e-commerce yang akhirnya jadi favorit masyarakat karena keunggulannya.

Momen Ramadan 2023 yang lalu merupakan momen dimana aktivitas berbelanja online masyarakat Indonesia sangat tinggi. Berdasarkan hasil riset Snapcart yang bertajuk 'Tren Perilaku Belanja Online Jelang Ramadan 2023' sebanyak 98% responden tertarik untuk berbelanja online guna memenuhi kebutuhan selama bulan Ramadan. Para pemain e-commerce berlomba menawarkan promosi serta terobosan baru guna menarik minat pengguna.

Dalam survei tersebut, Shopee menduduki peringkat pertama sebagai e-commerce yang paling sering digunakan untuk berbelanja selama bulan Ramadan (65%). Di posisi kedua ada Tokopedia (21%), diikuti oleh TikTok Shop (7%) dan Lazada (5%). Hal ini didukung dengan hasil survei bahwa 64% responden memilih Shopee sebagai e-commerce yang menawarkan promo Ramadan terbesar, di atas Tokopedia (20%), TikTok Shop (7%) dan Lazada (6%).

Pada 3 bulan terakhir menjelang Ramadan, berdasarkan indikator Brand Use Most Often (BUMO) atau merek yang paling sering digunakan, 61% responden memilih Shopee, disusul dengan Tokopedia (22%), TikTok Shop (9%) dan Lazada (7%). Ada sejumlah faktor yang menjadi pertimbangan para responden.

Faktor-faktor penting di mata responden adalah gratis ongkir (71%), menyediakan metode pembayaran COD (37%), program Ramadan yang menarik (36%) dan keseruan livestream dengan penjual (16%). Selain promo atau program seru, fitur-fitur interaktif kini juga diminati. Pengguna tertarik berbelanja melalui fitur live shopping yang memberikan akses pada pembeli untuk berinteraksi dengan penjual.

Berdasarkan hasil temuan Snapcart, 46% memilih Shopee Live sebagai fitur yang paling digunakan konsumen untuk menemani belanja Ramadan lalu. Hal ini diikuti Shopee Video (43%), Tokopedia Play (24%) dan Laz Live (8%).

Ada pula survei dari Ipsos bertajuk 'Understanding the Potentiality in e-Commerce Seller'. Ada faktor-faktor yang mempengaruhi para online seller dalam memilih platform marketplace. 84% Responden memanfaatkan promosi dan kampanye tematik, disusul oleh fitur live streaming (81%), dan konten video singkat (55%). Para platform marketplace pun berlomba menyediakan fitur live streaming seperti Shopee LIVE, Tokopedia Play, dan Laz Live. Survei Ipsos menemukan bahwa 60% dari responden memilih Shopee sebagai marketplace dengan fitur interaktif terbaik, disusul oleh Tokopedia (18%), TikTok Shop (13%) dan Lazada (5%).

Country Service Line Group Leader, Observer, Customer Experience & Channel Performance, Ipsos Indonesia, Andi Sukma mengatakan bahwa selama Ramadan lalu marketplace menjadi solusi yang dipilih oleh masyarakat. Marketplace berlomba memberikan penawaran yang terbaik bagi para konsumen yang sejalan dengan dampak yang dirasakan online seller terhadap bisnis mereka.

"Promo menarik, kampanye tematik, serta fitur interaktif yang dihadirkan oleh marketplace menciptakan potensi konsumen yang lebih besar bagi online seller dan akhirnya meningkatkan omzet penjualan mereka di bulan Ramadan ini," kata Andi Sukma.

Riset Ipsos menyebutkan marketplace yang dinilai telah menjawab kebutuhan dan paling sering digunakan seller selama bulan Ramadan ialah Shopee (76%), kemudian Tokopedia (11%), TikTok Shop (8%), dan Lazada (2%).

Perubahan perilaku belanja kepada fitur interaktif yang menawarkan hiburan, memperkuat engagement konsumen untuk kembali berbelanja di platform tersebut. Hal ini diawali dari
gamification yaitu kesempatan mendapatkan hadiah serta penawaran tambahan. Di tahun 2022 ada riset 'Karakteristik Perilaku Konsumen dan Preferensi dalam Berbelanja Online' dari Snapcart soal 3 perilaku konsumen yaitu discount seekers (51%) atau pemburu diskon, need-based customers (25%) atau berbelanja sesuai kebutuhan, dan wandering customers (21%) atau konsumen yang sangat gemar browsing dan mencoba fitur interaktif di e-commerce.

Diskon masih menjadi magnet utama, tapi fitur hiburan atau gamification meningkatkan popularitas platform belanja online. 51% Responden memilih Shopee Tanam sebagai game yang paling digemari. Ini lebih populer dari Tokopedia Panen Telur (13%) dan Lazada Coin Tree (2%).

Data dari SimilarWeb yang menunjukkan Shopee masih di posisi pertama sebagai e-commerce dengan jumlah pengunjung tertinggi selama April 2023 dengan 165 juta pengunjung. Setelah itu ada Tokopedia dengan 109 juta pengunjung dan Lazada dengan 82 juta pengunjung. Temuan dari data.ai juga menunjukkan bahwa sepanjang 2022, Shopee jadi platform belanja online nomor 1 di Indonesia dengan jumlah total unduhan terbanyak di Google Play atau Apple Store, dan jadi platform belanja online nomor 1 untuk jumlah pengguna aktif bulanan terbanyak.

(fhs/ega)
back to top