Dorong Digitalisasi Ekonomi, Tokopedia Raih Penghargaan dari Kemensos

Tokopedia menyabet penghargaan Padmamitra Award 2022 untuk kategori Ekonomi Digital. Perusahaan dinilai sukses dalam menggenjot digitalisasi terhadap mitra binaan dan masyarakat.
Tokopedia termasuk satu dari 20 perusahaan pemenang Padmamitra Award 2022, bersama dengan Adaro Energy Indonesia, PT Telkom Indonesia, dan PT Astra International Tbk. Diketahui, Padmamitra Award merupakan ajang penghargaan yang digelar oleh Kementerian Sosial (Kemensos) bersama Forum CSR Indonesia, sebagai bentuk apresiasi terhadap pelaku usaha yang mendukung penyelenggaraan kesejahteraan sosial.
Public Affairs Senior Lead Tokopedia Aditia Grasio Nelwan mengatakan sejak pertama kali berdiri pada tahun 2009, Tokopedia membawa misi untuk mewujudkan pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia. Karena itu, pihaknya terus berupaya membangun negeri melalui teknologi. Selain itu juga dengan menjadi jembatan penghubung dan membantu menciptakan peluang bagi masyarakat.
"Dengan komitmen untuk menjembatani dan meningkatkan kepedulian sosial guna memaksimalkan kapasitas potensi dari kelompok masyarakat yang membutuhkan, CSR & Social Impact Tokopedia di bawah naungan Tokopedia Bersama (Beraksi untuk Sesama) memfokuskan inisiatif sosial pada lima pilar (yakni) pendidikan dan teknologi, pemberdayaan kelompok perempuan, pemberdayaan kelompok difabel, penanggulangan bencana, dan aksi lingkungan," ujarnya dalam keterangan tertulis.
Lebih lanjut dia menjelaskan makna 'Beraksi untuk Sesama' menggambarkan setiap perjalanan sosial Tokopedia tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak. Menurutnya seluruh pihak ikut bahu-membahu bersama Tokopedia untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.
"Melalui Tokopedia Bersama, Tokopedia berkomitmen untuk menjembatani dan meningkatkan kepedulian sosial guna mendorong kesejahteraan masyarakat sekaligus mempercepat pemulihan ekonomi. Terima kasih atas apresiasi yang diberikan oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia dan Forum CSR Indonesia kepada Tokopedia melalui Padmamitra Awards tahun ini. Semoga kami dapat terus berkolaborasi dan berkontribusi lebih lagi bagi masyarakat luas," katanya.
Dia pun merinci upaya Tokopedia dalam meningkatkan kapasitas dan kemandirian kelompok perempuan. Salah satunya lewat dorongan terhadap gerakan yang dilakukan kelompok perempuan di wilayah Ngawi, Jawa Timur.
Selain menguatkan kapasitas masyarakat terkait literasi keuangan dan digital, lanjut dia, program pemberdayaan UMKM yang dilakukan juga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan kaum perempuan.
"Fokus dari program ini ialah membantu perempuan untuk mengembangkan usaha yang tepat guna, dengan utamanya memanfaatkan fitur berjualan online yang ramah bagi perempuan. Mereka dapat berfokus untuk melakukan produksi, dan pengelolaan toko online bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja (fleksibel)," tuturnya.
Adapun salah satu kelompok UMKM perempuan yang mendapatkan manfaat dari dukungan Tokopedia yaitu Jajalwae. Jajalwae sukses mendapatkan lebih dari 6.000 order dalam kurun waktu 2 minggu sejak produk diluncurkan. Capaian ini juga berkat langkah memaksimalkan strategi pemasaran online, di samping tetap mendorong usaha offline dengan berjualan makanan beku dan layanan catering.
"Melalui program ini, kami berharap UMKM perempuan seperti Jajalwae dapat terus mengembangkan usahanya dan memaksimalkan strategi pemasaran online sehingga turut berkontribusi pada pengembangan ekonomi di Ngawi, Jawa Timur," tuturnya.
Sebagai informasi, selain Ekonomi Digital, terdapat 10 kategori penghargaan lainnya di Padmamitra Award 2022, yakni Pelestarian Lingkungan & Biodiversity, Ketunaan Sosial & Penyimpangan Perilaku, Kebencanaan, Pengentasan Kemiskinan, Keagamaan yang Inklusif, Pemberdayaan & Pengentasan Disabilitas, Kesehatan, Pendidikan yang Berkualitas, Penanganan Keterpencilan dan Kewirausahaan.
Adapun metodologi penilaian yang dilakukan yakni pengumpulan dokumen, penjurian bagi nominasi, verifikasi, hingga tahap kunjungan lapangan. Diketahui proses seleksi administrasi berlangsung pada September hingga Oktober 2022 oleh panitia pelaksana. Dari tahapan ini, terdapat 155 perusahaan yang mendaftar dari seluruh Indonesia.
Kemudian para peserta tersebut disaring hingga mendapatkan list 69 perusahaan untuk lanjut ke tahapan berikutnya, yaitu wawancara oleh tim juri dari akademisi hingga profesional pada November 2022 di Jakarta. Selanjutnya, tim juri pun menetapkan sebanyak 20 perusahaan sebagai pemenang Padmamitra Award 2022 dari 11 kategori.
Simak Video "Pria Juga Boleh Pakai Skincare Loh"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)