Dikira Punah, Burung Langka Muncul Lagi Setelah 140 Tahun

Para peneliti melihat seekor burung merpati bertengkuk hitam untuk pertama kalinya dalam 140 tahun setelah mencari di sebuah pulau kecil di lepas pantai Papua Nugini selama sebulan.

Seperti dikutip dari IFL Science, tim peneliti menangkap rekaman burung itu pada September lalu, jauh di dalam hutan di Fergusson Island.

Sebelum merekam merpati yang tinggal di darat, para peneliti melakukan wawancara yang tak terhitung jumlahnya dengan penduduk setempat, memasang 20 kamera pengintai, bahkan bertemu dengan bajak laut.

Co-lead ekspedisi John Mittermeier mengatakan, menemukan hewan langka ini rasanya seperti menemukan unicorn. Para peneliti sebelumnya berusaha menemukan burung itu pada 2019 tetapi tidak beruntung.

Ekspedisi terbaru, tampaknya berjalan serupa hingga tim tiba di desa-desa di lereng puncak tertinggi pulau itu. Seorang penduduk setempat mengatakan kepada peneliti bahwa dia melihat burung itu beberapa kali dan mendengar suara khasnya.

Berdasarkan petunjuk-petunjuk tersebut, mereka memasang kamera di daerah itu dan mengambil gambar burung-burung merpati. Foto-foto tersebut merupakan dokumentasi pertama burung tersebut sejak tahun 1882.

"Ini adalah momen yang Anda impikan sepanjang hidup Anda sebagai seorang konservasionis dan pengamat burung," kata Mittermeier.

[Gambas:Instagram]