• Home
  • Berita
  • Di Desa Jepang Ini, Tak Ada Bayi Lahir Dalam 25 Tahun

Di Desa Jepang Ini, Tak Ada Bayi Lahir Dalam 25 Tahun

Redaksi
Mar 21, 2023
Di Desa Jepang Ini, Tak Ada Bayi Lahir Dalam 25 Tahun
Tokyo -

Krisis angka kelahiran di Jepang makin parah, bahkan populasinya semakin menyusut. Salah satu contohnya terjadi di Desa Kawakami ini, di mana pernah tidak ada bayi lahir dalam seperempat abad atau 25 tahun.

Ketika Kentaro Yokobori lahir 7 tahun silam, ia dianggap sebagai mukjizat oleh penduduk di desa itu. Sebabnya, Kentaro adalah kelahiran bayi pertama di desa itu setelah 25 tahun tidak ada yang lahir.

Penduduk desa pun berbondong-bondong mengucapkan selamat pada orang tuanya, Miho dan Hirohito. Sebagian besar dari warga sudah tua, bahkan sebagian sudah susah jalan kaki.

"Orang-orang lansia ini sangat bahagia melihat Kentaro dan ada seorang nenek yang sulit berjalan, datang untuk meminangnya. Semua orang tua itu datang memegangnya," kata Miho yang dikutip detikINET dari CNN, Selasa (21/3/2023).

Tanpa kelahiran bayi dan anak-anak muda memilih pindah ke kota besar, populasi desa itu turun dari 6.000 menjadi 1.150. Banyak rumah kosong dan mungkin saja tak lama lagi, desa itu lenyap. Kawakami hanya satu dari banyak desa dengan masalah sejenis.

Lebih dari 90% warga Jepang sekarang tinggal di kota besar semacam Tokyo, Osaka dan Kyoto. Pekerjaan di desa seperti pertanian dan peternakan makin berkurang pegawainya. Di 2022, orang yang bekerja di sektor pertanian dan kehutanan menurun dari 2.25 juta menjadi 1,9 juta.

Akan tetapi masalahnya, kota besar pun terancam menurun populasinya karena tingkat kelahiran dan pernikahan yang rendah. Hanya ada 799.728 kelahiran pada tahun 2022, jumlah terkecil dalam catatan dan hampir tak lebih dari setengah dari 1,5 juta kelahiran yang tercatat di tahun 1982.

Adapun tingkat kesuburan, jumlah rata-rata anak yang lahir dari wanita selama masa reproduksi mereka, telah turun menjadi 1,3 atau jauh di bawah 2,1 yang diperlukan untuk mempertahankan populasi yang stabil. Kematian telah melampaui kelahiran selama lebih dari satu dekade.



Simak Video "Angka Kelahiran Jepang Anjlok, Pejabat Khawatir Negaranya Lenyap"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)
back to top