• Home
  • Berita
  • Apple Tunda Rilis Produk Baru Demi Hindari PHK

Apple Tunda Rilis Produk Baru Demi Hindari PHK

Redaksi
Mar 21, 2023
Apple Tunda Rilis Produk Baru Demi Hindari PHK
Jakarta -

Berbeda dengan perusahaan teknologi lainnya, Apple sampai saat ini masih belum mengumumkan PHK massal. Rupanya produsen iPhone itu sudah menerapkan sejumlah strategi untuk menghindari PHK, termasuk menunda rilis produk baru.

Menurut laporan Mark Gurman dari Bloomberg, Apple menunda rilis speaker pintar HomePod dengan layar built-in hingga tahun depan. Penundaan ini dilakukan agar Apple bisa mengerahkan anggaran riset dan pengembangannya untuk proyek lain yang lebih penting.

Gurman tidak menyebut proyek apa yang dianggap lebih penting oleh Apple. Namun perusahaan besutan Steve Jobs itu memiliki beberapa produk besar yang akan dirilis tahun ini.

Salah satunya adalah chip M3 yang kabarnya akan mentenagai iMac baru. Selain itu, rumor juga menyebutkan bahwa Apple akan merilis MacBook Pro dan MacBook Air 15 inch dengan chip M2 Ultra.

Ada juga headset mixed reality yang peluncurannya sudah beberapa kali ditunda. Menurut kabar terbaru, perangkat tersebut akan dipamerkan pada ajang Worldwide Developer Conference (WWDC) 2023 pada musim panas ini.

Selain menunda peluncuran produk baru, Apple juga mengambil sederet langkah untuk meningkatkan efisiensi perusahaan tanpa melakukan PHK. Salah satunya dengan menunda bonus untuk beberapa tim yang sebelumnya menerima bonus dua kali setahun menjadi satu kali setahun.

Apple juga sudah menghentikan rekrutmen karyawan baru di beberapa tim dan mengetatkan rekrutmen di tim lainnya. Ketika ada posisi yang lowong karena ditinggal karyawan, Apple kabarnya tidak mengisi posisi tersebut.

Meski tidak melakukan PHK, Apple memperketat aturan kerja untuk karyawannya. Salah satunya dengan mewajibkan karyawan datang ke kantor tiap Selasa, Rabu, dan Kamis. Karyawan yang tidak memenuhi kewajiban ini bisa saja dipecat, seperti dikutip dari Bloomberg, Selasa (21/3/2023).

Sejauh ini langkah Apple mulai membuahkan hasil. Pengeluaran operasionalnya pada musim liburan akhir tahun jauh di bawah perkiraan.

CEO Apple Tim Cook sebelumnya pernah mengatakan bahwa PHK merupakan jalan terakhir. Tapi ia tidak benar-benar mengesampingkan opsi itu sepenuhnya.



Simak Video "Apple Bakal Luncurkan Aplikasi Streaming Musik Klasik "
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)
back to top