• Home
  • Berita
  • Daftar HP Terlaris Tahun 2024, iPhone 15 Memimpin

Daftar HP Terlaris Tahun 2024, iPhone 15 Memimpin

Redaksi
Aug 06, 2024
Daftar HP Terlaris Tahun 2024, iPhone 15 Memimpin
Jakarta -

Counterpoint Research baru saja merilis daftar 10 ponsel terlaris di dunia sepanjang kuartal kedua tahun 2024. Sama seperti tahun sebelumnya daftar ini kembali didominasi oleh Apple dan Samsung, tapi ada satu vendor China yang berhasil menyusup masuk.

Menurut laporan Global Monthly Handset Model Sales yang dirilis oleh Counterpoint, iPhone 15 jadi ponsel terlaris sepanjang Q2 2024 dengan pangsa 4,1%. Selanjutnya ada iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max di posisi dua dan tiga, masing-masing dengan pangsa 3,7% dan 3,1%.

Menariknya, iPhone 14 yang usianya hampir dua tahun masih masuk dalam daftar sepuluh besar. Ponsel ini berada di posisi enam dengan pangsa 1,6%.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Hanya ada satu ponsel flagship dari Samsung yang masuk dalam daftar ini yaitu Galaxy S24 Ultra. Ponsel ini berada di posisi sembilan dengan pangsa 1,4%, satu posisi lebih rendah dibandingkan Galaxy S23 Ultra pada periode yang sama tahun lalu.

Ponsel kelas mid dan lower-end dari Samsung lebih mendominasi dibandingkan ponsel flagship-nya. Ponsel Samsung yang meraih posisi teratas adalah Galaxy A15 5G di posisi empat dengan pangsa 2,0%. Saudaranya Galaxy A15 4G menduduki posisi lima dengan pangsa 1,8%.

ADVERTISEMENT

Galaxy A55 berada di posisi tujuh dengan pangsa pasar 1,5%, diikuti dengan Galaxy A05 di posisi buncit dengan pangsa pasar 1,4%, seperti dikutip dari Counterpoint, Selasa (6/8/2024).

Samsung dan Apple tidak sendiri di daftar ponsel terlaris yang dirilis Counterpoint. Xiaomi jadi satu-satunya vendor ponsel China yang masuk dalam daftar ini setelah dua kuartal berturut didominasi oleh Samsung dan Apple.

Ponsel Xiaomi yang dimaksud adalah Redmi 13C 4G yang menduduki posisi delapan dengan pangsa pasar 1,5%. Counterpoint mengatakan ketersediaan ponsel Redmi yang lebih luas menjadi salah satu faktor yang mendorong penjualan ponsel ini.

Secara keseluruhan, jumlah ponsel flagship di daftar ponsel terlaris dunia masih masih sama seperti tahun lalu. Tapi total penjualannya secara pangsa pasar turun sekitar 1,5%.

Counterpoint mengatakan penurunan ini disebabkan oleh peluncuran Galaxy S24 series yang dipercepat dan tantangan yang dihadapi iPhone 15 series di China. Tidak hanya itu, sebagian besar pasar Apple di China diambil alih oleh ponsel flagship Huawei.



Simak Video "iPhone 15 Pro Max Jadi Smartphone Terlaris di Q1 2024"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)
back to top