• Home
  • Berita
  • China Bikin Kapal Induk Drone Pertama di Dunia, Ini Kelebihannya

China Bikin Kapal Induk Drone Pertama di Dunia, Ini Kelebihannya

Redaksi
May 20, 2024
China Bikin Kapal Induk Drone Pertama di Dunia, Ini Kelebihannya
Beijing -

Selama ini, kapal induk mengangkut beragam pesawat militer untuk membantu serangan, terutama jet tempur. Namun dalam perkembangan terbaru, China meluncurkan kapal induk khusus dengan armada drone pertama di dunia.

Naval News melaporkan China membangun kapal induk drone khusus pertama di galangan kapal Jiangsu Dayang Marine di Sungai Yangtze. Desainnya lebih kecil dari kapal induk biasa dan sedikit lebih pendek, namun lebih lebar dari kapal induk pengawal Perang Dunia II.

Drone memang makin lazim dalam peperangan dan angkatan laut di beberapa negara telah mengujinya. Misalnya, kapal pengangkut drone Shahid Mahdavi Iran adalah kapal kargo komersial yang dibangun kembali. Turki mengubah kapal serbu amfibi TCG Anadolu yang dimaksudkan untuk membawa F-35 jadi kapal induk drone setelah dikeluarkan dari program F-35 Amerika pada tahun 2019.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dilaporkan bahwa kapal induk drone China memiliki desain tidak biasa, dengan lambung lebar dan dek penerbangan yang rendah. Ia kemungkinan dimaksudkan untuk mendukung UAV sayap tetap berukuran besar di laut.

Dikutip detikINET dari Asia Times, kapal induk drone China dapat dioperasikan dengan lebih murah dari pantai atau berfungsi sebagai platform eksperimental untuk menguji dan mengembangkan operasi drone di laut.

ADVERTISEMENT

Kapal induk drone baru China ini mungkin menawarkan kemampuan proyeksi kekuatan yang besar dengan biaya jauh lebih murah dibandingkan kapal induk biasa atau konvensional.

Dalam artikel Jurnal Pertahanan Inggris bulan Oktober 2023, analis Alexander Gates menyebut kapal induk drone menawarkan keunggulan proyeksi kekuatan yang sama seperti kapal induk konvensional, sehingga memungkinkan negara melakukan operasi udara tak berawak pada jarak lebih jauh di luar wilayah mereka.

Menurutnya, sistem drone adalah alternatif lebih aman dan hemat dibandingkan pesawat berawak, sehingga cocok untuk tugas berbahaya seperti operasi intelijen, pengawasan, pengintaian dan serangan ringan, baik di laut maupun darat. Kapal induk drone menghadirkan pilihan hemat biaya dan praktis bagi negara berpenghasilan menengah untuk memperluas kekuatan udara dalam jarak jauh tanpa bergantung pada pangkalan darat.



Simak Video "Kapal Induk AS Tiba di Mediterania Timur untuk Bantu Israel"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/rns)
back to top