• Home
  • Berita
  • Cara Screenshot Laptop atau SS di MacBook

Cara Screenshot Laptop atau SS di MacBook

Redaksi
Sep 16, 2022
Cara Screenshot Laptop atau SS di MacBook

arenagadget.id – Kadang-kadang kita harus mencari cara screenshot laptop atau ss di Macbook untuk melakukan print screen teks, merekam skor tinggi saat bermain game, atau mengirimkan gambar pada perangkat. lalu bagaimana mengetahui cara screenshot di laptop?

Seperti diketahui, setiap sistem operasi memiliki metode built-in untuk menangkap layar. Beberapa bahkan memungkinkan Anda untuk menangkap bagian tertentu atau mengambil tangkapan layar yang bergulir. Kami akan menjelaskan caranya.

Cara Mengambil Screenshot di Laptop Windows 10 dll.

Untuk mengambil screenshot di laptop atau komputer desktop Windows 10 dll., tekan tombol keyboard Print Screen (biasanya disingkat Prt Scn atau serupa). Jika Anda hanya ingin mengambil tangkapan layar dari jendela yang aktif, tekan tombol Alt atau gambar jendela dan Print Screen secara bersamaan.

Tangkapan layar yang Anda ambil akan disalin ke clipboard secara otomatis dan Anda harus membuka Microsoft Paint, Photoshop, atau perangkat lunak gambar apa pun yang Anda gunakan untuk menempelkannya sehingga Anda dapat mengedit dan menyimpannya.

Cara screenshot laptop selanjutnya, jika Anda hanya ingin menangkap sebagian layar di Windows 10 dll. coba tekan tombol Windows, Shift, dan S secara bersamaan. Anda kemudian dapat mengklik dan menyeret untuk menyorot bagian yang Anda inginkan dan melepaskannya untuk menangkapnya.

Di versi Windows sebelumnya, Anda dapat melakukan hal yang sama dengan Snipping Tool, yang ditemukan dengan mengklik Start dan mengetik “snipping tool” di bilah pencarian. Sekali lagi, tangkapan layar disalin ke papan klip untuk Anda tempel.

Cara screenshot laptop dan menyimpannya secara otomatis, tekan tombol Windows dan Print Screen secara bersamaan. Tangkapan layar disimpan dalam folder berjudul Tangkapan Layar di folder Gambar Anda.

Jadi secara garis besar ada beberapa cara screenshot laptop Windows yang bisa kita lakukan.

Cara screenshot laptop dari jendela aktif menggunakan Alt+PrtScn

Opsi ini hanya menyalin jendela aktif — layar yang sedang Anda kerjakan — ke clipboard, yang kemudian dapat Anda tempel ke program lain. Gunakan tombol PrtScn dengan tombol ‘Alt’ untuk mengambil tangkapan layar di laptop Windows 7 atau Windows 10.

Tombol Windows+Shift+S

Tombol ini untuk mengambil tangkapan layar dari bagian tertentu: Ingin menangkap bagian tertentu, tekan tiga tombol ini – Windows + Shift+S –bersama. Ini akan meredupkan layar, membuka alat Snip and Sketch, dan mengubah penunjuk tetikus menjadi seret.

Pilih bagian yang ingin Anda tangkap. Tangkapan layar akan disalin ke clipboard, yang kemudian dapat Anda tempel di program apa pun yang mendukung gambar. Opsi ini juga menawarkan sejumlah opsi, dengan persyaratan pengeditan dasar, untuk pengguna laptop/PC Windows 11.

Simpan screenshot di laptop via Windows+PrtScn

Jika Anda tidak ingin menyalin tangkapan layar ke clipboard, gunakan tombol Windows + perintah pintasan PrtScn di laptop Windows Anda untuk menyimpannya sebagai file gambar. Menekan tombol akan mengambil tangkapan layar dari seluruh layar dan menyimpannya di folder “Gambar”, di subfolder yang disebut “Tampilan Layar”.

Tombol Windows+G

Opsi ini untuk gamer yang ingin mengambil screenshot di laptop Windows. Saat bermain game, tekan dua tombol: Windows dan G, bersama-sama untuk overlay game.

Klik ikon kamera atau tekan tombol Windows + Alt + tombol PrtScn untuk mengambil tangkapan layar. Tangkapan layar akan disimpan di dalam folder “Video” di subfolder yang disebut ‘Captures.’ Mereka yang bermain game di steam dapat menekan F11 untuk mengambil tangkapan layar, yang kemudian dapat Anda akses dari folder ‘Steam’.

Cara screenshot Layar Laptop Chromebook

Untuk mengambil tangkapan layar di Chromebook, tekan tombol Control (biasanya disingkat Ctrl) dan Show Windows (persegi panjang dengan dua garis ke kanan).

Cara screenshot laptop Chromebook selanjutnya, tekan tombol Shift, Control, dan Show Windows, klik dan seret untuk menyorot bagian yang Anda inginkan, lalu lepaskan untuk mengambil tangkapan layar.

Pratinjau tangkapan layar akan muncul di kanan bawah, dan Anda dapat menyalin atau membuat anotasi. Untuk menemukan tangkapan layar nanti, klik tombol Peluncur (lingkaran di sudut kiri bawah), lalu pilih File dan klik Unduhan di sebelah kiri.

Cara SS Layar Macbook

Untuk cara screenshot atau ss layar di MacBook, tekan tombol Shift, Command, dan 3 secara bersamaan.

Jika Anda hanya ingin mengambil tangkapan layar dari jendela yang aktif atau bagian tertentu dari layar, tekan tombol Shift, Command, dan 4 secara bersamaan. Tekan Spacebar untuk mengambil jendela aktif atau klik dan seret untuk menyorot sebagian layar, lalu lepaskan untuk mengambilnya.

Screenshot yang Anda ambil simpan ke desktop Anda. Untuk menyalin tangkapan layar untuk menempelkannya ke aplikasi lain, Anda juga harus menekan tombol Kontrol saat mengambil. Misalnya, untuk mengambil seluruh layar Anda, Anda harus menekan tombol Shift, Command, Control, dan 3 secara bersamaan.

Ada banyak cara screenshot laptop atau ss Macbook ini:

Command+Shift+3

Ini adalah cara termudah untuk mengambil tangkapan layar di laptop/PC macOS. Cukup, tekan ketiga tombol ini bersama-sama, dan itu akan menangkap gambar diam dari seluruh layar.

Command+Shift+4

Ini adalah perintah tingkat lanjut yang memungkinkan Anda menangkap bagian tertentu dari layar. Ini akan mengubah kursor Anda menjadi garis bidik, yang Anda pilih dan seret ke mana saja di sekitar layar untuk cara screenshot laptop.

Selain itu, Anda dapat menekan dan melepaskan bilah spasi, yang akan mengubah garis bidik menjadi ikon kamera kecil. Arahkan ikon ke jendela yang ingin Anda tangkap sehingga disorot, lalu klik di atasnya atau tekan enter.

Tekan dan tahan bilah spasi dengan perintah ini (setelah menyeret untuk menyorot suatu area tetapi sebelum melepaskan tombol mouse atau trackpad) untuk mengunci bentuk dan ukuran area yang dipilih dan memposisikannya di mana saja di layar. Ini berguna jika area yang awalnya dipilih sedikit tidak aktif.

Terakhir, Anda dapat menahan tombol ‘Shift’ setelah menyeret untuk menyorot suatu area, tetapi sebelum melepaskan tombol mouse, untuk mengunci setiap sisi area yang dipilih, sambil tetap naik atau turun untuk memposisikan tepi bawah bebas.

Command+Shift+5

Cara screenshot laptop macbook ini pada dasarnya memberi Anda kebebasan untuk mengambil tangkapan layar.
Setelah perintah dipanggil, Anda melihat sebuah kotak di layar, yang dapat Anda sesuaikan sesuai dengan keinginan Anda, dan banyak opsi lainnya.

Anda cukup menekan ‘enter’ untuk mengambil tangkapan layar dari area yang dipilih atau memilih opsi ‘Tangkap bagian yang dipilih’ dari panel kecil di bawah.

Panel juga terdiri dari tombol ‘Capture Entire Screen’ dan ‘Capture Selected Window’, bersama dengan dua tombol perekaman video yang memungkinkan Anda merekam seluruh layar atau pilihannya dan tombol ‘Option’ untuk memilih drive yang ingin Anda simpan screenshot, mengatur timer, antara lain.

Di sebelah kiri adalah tombol ‘X’ untuk menutup panel tangkapan layar, yang dapat dilakukan dengan tombol Escape.

Command+Shift+6

Cara screenshot laptop macbook ini hanya tersedia untuk versi MacBook dengan Touch Bar karena memungkinkan Anda mengambil tangkapan layar Touch Bar.

Semua tangkapan layar yang diambil di laptop macOS akan disimpan di desktop (secara default). Namun, Anda dapat mengubah lokasi ke drive/folder mana pun yang Anda inginkan. Untuk melakukannya, tekan Command-Shift-5 -> buka Opsi -> dan pilih simpan lokasi, dengan ini semua tangkapan layar Anda di masa mendatang akan disimpan ke folder atau drive itu

Nah, itulah cara screenshot laptop atau ss di Macbook dengan sistem operasi mulai dari Windows 10 dll. Selain itu, kalian juga bisa mencobanya pada Chromebook. Kalian juga bisa mencoba cara screenshot layar HP Samsung, OPPO hingga iPhone.

back to top