• Home
  • Berita
  • Cara Screenshot Samsung, OPPO, Vivo Hingga iPhone

Cara Screenshot Samsung, OPPO, Vivo Hingga iPhone

Redaksi
Sep 16, 2022
Cara Screenshot Samsung, OPPO, Vivo Hingga iPhone

arenagadget.id – Anda memiliki HP Samsung, OPPO, Vivo, Realme dan iPhone, namun belum mengetahui bagaimana melakukan screen capture di layar? Tenang saja, sebab kali ini kami akan membahas cara screenshot Samsung, Realme dan iPhone secara rinci setiap HP.

Tangkapan layar atau screenshot pada dasarnya merupakan kegiatan mengambil sebuah momen yang ada pada layar HP. Orang-orang biasanya melakukan screenshot untuk mendapatkan hal yang tidak bisa diunduh.

Cara Screenshot Layar di HP Samsung, OPPO, Vivo hingga iPhone

Seperti yang telah kami sebutkan di atas, jika kali ini kami akan memberikan beberapa cara untuk melakukan screenshot. Langsung saja, ini dia cara screenshot Samsung, OPPO, Vivo, hingga iPhone.

Cara Screenshot Samsung

Di bagian ini, kami hanya akan membahas beberapa cara melakukan screenshot Samsung. Ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk melakukan screen capture di layar HP Samsung ini. Yuk kita mulai:

1. Menggunakan Tombol Power dan Volume Bawah

Cara ini memang sudah bisa dikatakan hal yang lumrah dan wajar. Sebab hampir seluruh ponsel dari berbagai merek, menggunakan kedua tombol tersebut untuk melakukan screenshot.

Cara kerjanya, ketika Anda sudah menemukan hal apa saja yang ingin di tangkap layarnya. Maka tekan tombol power dan volume bawah secara bersamaan, dan tunggulah hasil tangkapan layar selesai.

2. Dengan Menggunakan Usapan Jari

Cara kedua adalah dengan mengusapkan jari ke layar ponsel. Biasanya untuk melakukan screenshot ini, seseorang menggunakan 3 jarinya. Usapkan 3 jari Anda pada layar ponsel secara bersamaan jika ingin menangkap layar

Cara screenshot dengan usapan jari ini memang ada beberapa sudah menjadi bawaan ponsel atau pabrik. Jadi Anda tinggal menikmatinya tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan.

Namun fitur screenshot ini pun masih bisa Anda non-aktifkan meskipun bawaan ponsel.

3. Dengan Menggunakan Menu Asisten

Cara terakhir untuk melakukan screenshot di HP Samsung adalah dengan mengaktifkan menu asisten (assistant menu). Caranya dengan membuka menu settings lalu klik “Accesibility^ lalu klik “Interaction and dextery”. Lepas itu, geser toggle “Assisnant Menu” ke arah yang menunjukan on.

Menu assisten sendiri akan diwakilkan oleh ikon yang berbentuk persegi kecil yang muncul dilayar. Nantinya pengguna hanya perlu mengklik ikon menu asistan untuk menemukan opsi “Screenshot”

Kemudian klik bagian Screenshot tersebut untuk mendapatkan momen tangkapan layar tersebut.

Cara Screenshot OPPO, Realme, Vivo dll.

Cara screenshot layar HP kali ini diperuntukkan bagi beberapa jenis perangkat yang ada di pasaran. Antara lain cara screenshot HP OPPO, realme hingga Vivo. Jadi bagi kalian yang memiliki beberapa perangkat ini, simak ulasan ini dengan baik ya!

1. Menggunakan Tombol Power dan Volume Bawah

Cara screenshot Samsung serupa dengan cara screenshot di beberapa HP ini mulai dari OPPO, realme hingga Vivo. Jadi Anda bisa melakukan hal serupa seperti yang telah kami jelaskan di atas. Cara

2. Mengaktifkan Fitur Screenshot Menggunakan 3 Jari

Ternyata HP OPPO, realme, Vivo dll. juga bisa menggunakan fitur screenshot 3 jari sama seperti halnya dengan cara di HP Samsung.

Untuk mengaktifkan fitur tersebut pertama klik menu “Settings”, lalu klik “Convenience Aid”. Setelah itu, pilihlah bagian “Gesture & Motion”, lalu aktifkanlah fitur 3-Finger Screenshot.

Cara Screenshot di iPhone

Pada bagian ini, kami akan memberikan cara screenshot layar khusus iPhone. Jika Anda memiliki HP iPhone dan belum mengerti bagaimana caranya melakukan tangkapan layar, maka simak ulasan di bawah ini:

1. Menggunakan Tombol Power dan Volume Bawah

Sama dengan cara screenshot Samsung, ternyata iPhone pun bisa menggunakan tombol power dan volume bawah untuk tangkapan layar.

Setelah menekan tombol power dan volume bawah secara bersamaan, nantinya hasil screenshot akan muncul di sudut kiri bawah ponsel. Ketuk gambar kecil tersebut untuk membukanya. Atau Anda bisa geser ke kiri untuk menutupnya.

2. Dengan Touch ID dan Tombol Samping

Untuk melakukan screenshot, Anda tinggal menekan tombol samping dan tombol utama secara bersamaan. Setelah menekan kedua tombol itu bersamaan, Anda bisa melepaskannya dengan cepat.

Seperti pada poin nomor satu, hasil screenshot akan muncul di bagian bawah kiri layar.

3. Dengan menggunakan Touch ID dan Tombol Atas

Cara selanjutnya bisa Anda lakukan dengan menggunakan tombol touch ID dan tombol atas. Cara sama, jika ingin menangkap layar Anda bisa menekan kedua tombol itu secara bersamaan.

Sama dengan kedua cara sebelumya, hasil screenshot akan muncul di bagian bawah kanan layar handphone.

Itu dia beberapa cara screenshot layar di HP Samsung, OPPO, realme, Vivo hingga iPhone secara lengkap. semua merek handphone tersebut ternyata memiliki cara serupa yakni dengan menekan tombol power dan volume ke bawah.

Memang cara tersebut sangatlah umum dan biasa dilakukan di berbagai merek ponsel yang ada. Hanya saja, terkadang ada beberapa kasus yang tidak memungkinkan untuk menggunakan cara tersebut.

Kebanyakan cara screenshot layar di HP Samsung, Realme dan iPhone itu hanya bisa digunakan salah satunya saja. Maksudnya kebanyakan ponsel hanya memiliki satu opsi untuk melakukan tangkapan layar.

Contohnya saja ada beberapa ponsel yang hanya bisa menggunakan usapan 3 jari saja, menekan tombol power dan volume bawah saja. Jadi tidak semua fitur screenshot tersedia di setiap merek dan tipe ponsel ya!

Itu saja yang dapat kami sampaikan mengenai cara screenshot Samsung, OPPO, realme, Vivo hingga iPhone. Kami sangat berharap informasi yang telah disampaikan ini bisa membantu mengatasi kesulitan yang telah Anda alami selama ini.

back to top