• Home
  • Berita
  • Cara Print Hitam Putih di Microsoft Word agar Hemat Tinta

Cara Print Hitam Putih di Microsoft Word agar Hemat Tinta

Redaksi
Feb 20, 2023
Cara Print Hitam Putih di Microsoft Word agar Hemat Tinta

Kalau kamu sudah lama memakai printer, pasti kamu tahu jika keperluan untuk refill tinta adalah suatu hal yang tidak bisa dihindari. Apalagi ketika ada keperluan untuk mencetak dokumen atau gambar, tentunya bisa membutuhkan biaya yang besar karena akan ada banyak jumlah tinta yang terpakai.

Akibatnya kamu perlu terus-menerus mengisi ulang tinta ketika sudah habis. Untuk itu salah satu cara menyiasatinya adalah dengan menggunakan pengaturan print hitam putih agar biaya tinta tidak boros.

Namun perlu kamu ketahui, selain menerapkan cara print hitam putih, ada juga beberapa cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menghemat biaya tinta saat melakukan pencetakan. Kira-kira apa saja, ya? Yuk simak ulasannya di bawah.

Supaya kamu bisa lebih banyak menghemat tinta, rule pertama yang bisa diterapkan untuk solusi jangka panjang adalah dengan memilih printer infus alias ink tank yang efisien, misalnya seperti PIXMA G2770 yang baru dirilis oleh Canon.

Printer multifungsi ini bukan hanya bisa melakukan print, scan dan copy, namun juga memiliki hasil cetak yang berkualitas tinggi. Printer ini didesain untuk pencetakan dalam jumlah banyak sehingga biaya isi ulang tinta akan jauh lebih hemat. Jika ada budget lebih, tak ada salahnya untuk berinvestasi di printer infus.

Print dengan mode hitam putih tentunya bisa menghemat tinta lebih banyak! Dengan begini, kamu mampu memaksimalkan penggunaan printer dengan mencetak dokumen yang diperlukan saja dan menghindari mencetak bagian yang tidak penting, misalnya seperti warna-warni.

Apalagi jika memang dokumennya masih berupa draft atau belum final. Jadi, bagaimana sih cara print hitam putih? Apakah ribet? Jawabannya adalah tidak, karena caranya pun mudah, kamu hanya perlu menjalani 3 langkah saja:

Memiliki printer sendiri di rumah memang memungkinkan kamu untuk mencetak dokumen atau makalah penting secara cepat dan mudah tanpa harus pergi ke luar.

Tapi, menggunakan printer tanpa berhati-hati justru dapat menjadi bumerang karena faktor biaya tinta yang cukup besar, terutama jika kamu sering menggunakannya hampir setiap minggu.

Penting sekali untuk mengetahui cara-cara agar pengguna printer bisa menghemat biaya tanpa mengorbankan kualitas cetakannya. Tips yang satu ini berlaku hanya jika kamu mencetak dalam jumlah halaman yang banyak, misalnya ratusan.

Cek kembali pengaturan spasi, paragraf, serta font size yang kamu gunakan. Sebab, kamu bisa mengurangi jumlah halaman yang akan dicetak secara signifikan dengan menerapkan cara ini.

Nah, itu tadi cara print hitam putih dan trik lainnya supaya kamu tidak boros tinta. Dengan mengikuti saran di atas, kamu jadi bisa mengurangi biaya cetak yang dibutuhkan. Apalagi kalau kamu sudah memiliki printer infus/ink tank dengan model terbaru, tentunya kamu dapat menikmati hasil cetak yang berkualitas tinggi sekaligus mengeluarkan ongkos tinta yang lebih rendah.

Bocoran khusus untuk kamu, harga printer PIXMA G2770 yang multifungsi (print, scan dan copy) masih berada dalam range yang terjangkau, lho. Kalau kamu mau upgrade printer, tak ada salahnya lihat-lihat dulu pilihan yang satu ini. Selamat mencoba!

back to top