• Home
  • Berita
  • Cara Buat Kalkulator Challenge yang Viral di TikTok

Cara Buat Kalkulator Challenge yang Viral di TikTok

Redaksi
Nov 01, 2022
Cara Buat Kalkulator Challenge yang Viral di TikTok

Tak bisa dipungkiri bahwa aplikasi TikTok memiliki banyak peminat di berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa sekalipun. Pasalnya, aplikasi tersebut telah menjadi media untuk berekspresi bagi para penggunanya. Diketahui, pengguna aktif bulanan TikTok di Indonesia mencapai 99,1 juta orang pada April 2022. Jumlah tersebut menjadi yang terbesar kedua setelah Amerika Serikat. TikTok sendiri merupakan medium yang membebaskan para penggunanya untuk berekspresi sesuai keinginannya. Dengan begitu, aplikasi tersebut seolah tidak pernah kehabisan ide pada setiap tren yang disediakan. Salah satunya adalah kalkulator challenge.

Kalkulator challenge adalah salah satu tren TikTok yang sedang viral dan banyak digunakan para penggunanya. Kalkulator challenge ini berisi konten video yang menunjukkan seolah-olah orang tersebut akan melakukan pertarungan. Agar tren ini lebih menarik, biasanya didukung dengan tambahan efek sound dan musik untuk mengiringi video tersebut. Sedangkan musik yang digunakan berjudul 'Saman Brembo' yang dipopulerkan oleh DJ musik Mbon-Mbon. Sesuai namanya, isi konten tren ini mengajak para pengguna TikTok untuk membuat konten video yang terus-menerus menekan tombol sama dengan (=) pada aplikasi kalkulator di hp sampai menghasilkan perhitungan yang naik berturut-turut maupun berkelipatan. Bagi detikers yang ingin meramaikan tren kalkulator challenge ini, ada banyak cara mudah yang bisa kalian lakukan. Lebih lengkapnya, simak penjelasannya pada artikel ini.

Dilansir detikINET dari berbagai sumber, Selasa (1/11/2022) begini cara buat kalkulator challenge di HP kalian:

Sedangkan untuk menambahkan musik pada video kalkulator challenge ini, berikut adalah caranya:

Bagaimana, cukup mudah bukan untuk membuat kalkulator challenge yang tengah viral di TikTok? Meskipun caranya terbilang mudah, tren tersebut tidak bisa digunakan pada semua kalkulator bawaan hp saja lho. Untuk melakukan fitur perkalian atau penjumlahan berturut-turut secara otomatis yang digunakan pada kalkulator challenge ini, hanya bisa dilakukan pada beberapa model hp tertentu. Salah satunya hp yang mendukung untuk melakukan fitur kalkulator tersebut adalah iPhone dengan versi sistem iOS 16. Selain iPhone, fitur tersebut juga dapat kalian gunakan pada perangkat Samsung. Namun, hanya dengan versi sistem operasi Android 10 dan antarmuka One UI 2.5. Di sisi lain, terdapat pula pada beberapa model hp yang sudah dicoba dan kemudian tidak bisa melakukan fitur untuk membuat kalkulator challenge tersebut. Di antaranya adalah HP Poco dengan versi sistem operasi Android 12 dan ponsel Redmi dengan versi sistem operasi Android 10. Nah, detikers itulah cara membuat kalkulator challenge yang tengah viral di TikTok. Jika dirasa ada yang ingin ditambahkan, silakan sampaikan pada kolom komentar ya, selamat mencoba.

back to top